PHP

PHP OOP Part 4 : Pengertian Enkapsulasi (Public, Private, Protected)

PHP OOP Part 4 : Pengertian Enkapsulasi (Public, Private, Protected)

PHP OOP Part 4 Pengertian Public, Private dan Protected

Pengertian Public, Private dan Protected – Setelah sebelumnya kita mempelajari tentang pengertian dan pengenalan method construct dan destruct, maka pada tutorial PHP OOP part 4 kali ini, kita akan mempelajari tentang pengertian public, private dan protected pada method dan property oop. di tutorial ini kita akan belajar tentang pengertian enkapsulasi atau dalam bahasa ingris nya encapsulation.

Enkapsulasi adalah salah satu yang paling terpenting di dalam pemrograman berorientasi objek(OOP). karena tahap enkapsulasi lah yang menentukan pemberian hak akses pada setiap property atau method.  enkapsulasi atau encapsulation pada OOP terdiri dari 3. yaitu : Public, Private dan Protected.

Tentu ketiganya memiliki kegunaan nya masing-masing. adapun kegunaan public, private dan protected adalah :

  • Public : Dengan menggunakan public pada property dan method, berarti kita memberikan akses pada property dan method agar bisa di akses dari luar atau dalam class.
  • Private :
  • Protected :

kita bisa menentukan property dan method menjadi public, protected dan private. sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. lebih detail tentang cara penggunaan dan penulisan public, private dan protected akan saya bahas juga pada tutorial ini. sebelumnya akan saya bahas dulu tentang pengertian enkapsulasi(encapsulation). PHP OOP Part 4 : Pengertian Enkapsulasi (Public, Private, Protected)

Pengertian Enkapsulasi(Encapsulation)

Enkapsulasi(encapsulation) adalah metode untuk mengatur struktur pada class. dengan tujuan untuk menentukan hak akses pada property atau method. baca tutorial sebelumnya tentang pengertian class, object, property dan method. ini bertujuan untuk menyembunyikan informasi dari method dan property dengan alasan keamanan.

langsung saja kita masuk ke contoh penggunaan dan penulisan dari public, private dan protected pada oop.

Enkapsulasi Public, Private dan Protected

Untuk dapat memberikan hak akses pada method dan property pada sebuah class, di OOP terdapat 3 teknik yaitu, public, private dan protected. dan akan kita jelaskan satu persatu. di mulai dengan hak akses public.

Pengertian Hak Akses Public

Jika sebuah method dan property menggunakan public, maka method dan property tersebut dapat di akses dari luar atau dari dalam class tersebut. perlu di ketahui, pada method dan property yang tidak di tetapkan hak aksesnya menggunakan public, private dan protected, maka hak akses pada method atau property tersebut adalah secara default menjadi public. seperti penulisan oop yang kita pelajari sebelumnya.

Contoh penggunaan hak akses public.

PHP OOP Part 4 Pengertian Enkapsulasi (Public, Private, Protected)

PHP OOP Part 4 Pengertian Enkapsulasi (Public, Private, Protected)

nah, coba teman-teman perhatikan pada gambar dan syntax di atas. terdapat property dan method yang kita tetapkan dengan public. karena method dan property nya kita tetapkan dengan public, maka bisa kita akses dari luar class. ataupun class turunan. seperti yang terdapat pada contoh public di atas. kita dapat memanggil method dan property public dari luar class. PHP OOP Part 4 Pengertian Enkapsulasi (Public, Private, Protected)

Pengertian Hak Akses Private

Hak akses kedua yang akan kita bahas adalah private. private adalah hak akses yang melarang method atau property yang menggunakan nya di larang di akses dari luar class. jadi hak akses private hanya bisa di akses dari dalam class itu sendiri. bingung teman-teman? haha.. langsung masuk ke contoh aja ya biar gak ribet.

 

Pengertian Hak Akses Protected

nah, setelah memahami penjelasan tentang public dan private, selanjutnya kita akan membahas tentang hak akses protected pada oop php.

jika property dan method di tetapkan dengan protected, berarti property dan method tersebut tidak bisa di akses dari luar class. tetapi bisa di akses dari dalam class itu sendiri. contohnya.

baik teman-tema saya rasa cukup sekian dulu tutorial PHP OOP Part 4 : Pengertian Enkapsulasi (Public, Private, Protected). semoga bermanfaat.

Baca juga : Aplikasi penjualan dengan php dan mysql gratis

Incoming search terms:

  • enkapsulasi
  • enkapsulasi adalah
  • public dalam class OOP
  • jelaskan defenisi protected dan private dalam java
  • pengertian enkapsulasi
  • pengertian enkapsulasi java
  • enkapsulasi oop
  • enkapsulasi dalam oop
  • pengertian private
  • pengertian hak akses :public




Diki Alfarabi Hadi

Coding enthusiast. Someone who love learn something new. especially about web programming and web design. happy to share about knowledge and learn from other.


Discussion
One Comment
  • PHP OOP Part 5 : Pewarisan Sifat (Inheritance) Pada OOP PHP 2 years ago

    […] pada php oop. sebelumnya kita telah belajar tentang tutorial oop php dasar yang lainnya seperti pengertian enkapsulasi(public, private, protected), Pengenalan construct dan destruct pada oop php, dan juga pengertian class, object, method dan […]



Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *