PHP

Belajar PHP Part 1 : Pengenalan PHP

pengenalan PHP

Belajar PHP Part 1 : Pengenalan PHP

Belajar PHP Dasar Pengenalan Dan Kegunaan PHP

Selamat datang di tutorial PHP dasar Belajar PHP Part 1 : Pengenalan PHP di malasngoding.com. anda yang sudah mulai memasuki tutorial dasar php ini di asumsikan untuk mempelajari tentang HTML dan CSS dasar terlebih dahulu sebelum melompat ke tutorial PHP. untuk tutorial HTML dan CSS dasar nya sendiri bisa anda ikuti di tutorial-tutorial malasngoding.com. Akan sangat lebih baik jika bahasa pemrograman di pelajari secara bertahap agar mengerti dari tiap dasar dan fungsi nya masing-masing. hal ini dapat mengakibatkan anda menemukan kesulitan dalam mempelajari pemrograman php jika HTML dan CSS dasar belum anda kuasai. sehingga dapat berujung kepada malas ngoding :).

Pada artikel Belajar PHP Part 1 : Pengenalan PHP ini akan di jelaskan tentang pengenalan-pengenalan dari bahasa pemrograman PHP. seperti bagaimana bentuk penulisan syntax PHP, sifat dari PHP, sktruktur nya dan bagaimana cara menjalankan file PHP. berikut tentang pengenalan dasar bahasa pemrograman PHP.

Pengenalan PHP

PHP adalah singkatan dari Hypertext Prepocessor dan merupakan bahasa pemrograman yang di desain khusus untuk web development atau pengembangan web. PHP memiliki sifat Server-Side karena PHP dijalankan atau di eksekusi dari sisi server. maksud di jalankan dari sisi server adalah PHP di jalankan pada komputer server dan bukan pada komputer client. PHP di jalankan melalui aplikasi web browser sama halnya seperti HTML. Hampir semua situs-situs besar dan populer di kembangkan menggunakan PHP. seperti misalnya wordpress, joomla, facebook, twitter, wikipedia dan situs besar lainnya.Belajar PHP Dasar Pengenalan Dan Kegunaan PHP

PHP di mulai di kembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdofr. untuk situs resmi dari PHP sendiri dapat di akses pada url http://www.php.net. Setelah anda mempelajari tentang HTML dan CSS dasar di malasngoding.com tentu anda sudah dapat mengambil kesimpulan bahwa HTML di gunakan untuk membuat pondasi pada sebuah website, dan CSS di gunakan untuk men-design halaman website. maka pada artikel tutorial belajar PHP dasar ini anda akan mengenal apa itu PHP dan bagaimana kegunaannya dalam membangun sebuah website yang memiliki halaman statis dan sebagainya.

Fungsi atau Kegunaan PHP

jika di ibaratkan pada sebuah pondasi bangunan rumah untuk gambaran fungsi atau kegunaan PHP, kita bisa menyebut HTML sebagai tiang-tiang pondasi, atap, lantai dan dinding. di sini kita belum membicarakan tentang warna, bentuk pintu, luas ruangan. misanya jika pondasi, dinding dan struktur bangunan rumah sudah di buat tentu bangunan rumah tersebut masih tampak sangat monoton dan tidak sedap di pandang mata. oleh karena itulah kita menggunakan CSS untuk membuat bentuk dan tampilan rumah tersebut menjadi menarik dan enak di pandang. nah, pada contoh kasus bangunan rumah ini, pasti anda bertanya-tanya PHP di gunakan sebagai apa ? pada contoh kasus bangunan rumah ini PHP di gunakan untuk membuat siapa saja yang dapat masuk ke dalam rumah, siapa yang dapat melihat rumah, dan siapa yang dapat menyimpan memasukkan atau membuang barang-barang pada rumah tersebut. jadi intinya PHP berguna untuk membuat aksi pada rumah atau website jika pada contoh nyatanya.

Penulisan Syntax PHP

Untuk penulisan syntax nya, PHP di tandai dengan membuat tag pembuka ( <?php ) dan di akhiri dengan tag penutup ( ?> ). syntax php dapat di sisipkan pada bagian-bagian HTML. kemudian di akhir setiap baris syntax PHP harus di tutup dengan tanda semicolon atau titik koma(;)berikut ini adalah contoh penulisan syntax php yang benar.

dapat anda lihat pada contoh penulisan syntax PHP di atas, bahwa pada awal syntax php harus di buka dengan tag pembuka php yang di tandai dengan “<?php”. dan di tutup dengan tag penutup PHP “?>” . dan yang perlu di perhatikan lagi adalah di akhir baris syntax PHP harus di di akhiri atau di tutup dengan semicolon atau titik koma (;).

syntax echo pada contoh di atas memiliki fungsi atau kegunaan sebagai penampil data. adapun output yang di hasilkan pada contoh syntax php di atas adalah tulisan “Belajar Pemrograman PHP di malasngoding.com”.

Cara menjalankan PHP pada Localhost

Setelah membaca tulisan di atas tentang cara penulisan syntax PHP. selanjutnya akan di jelaskan juga cara menjalankan syntax PHP pada localhost. apa itu localhost ? bisa di lihat pada tutorial belajar PHP dasar selanjutnya di malasngoding.com. klik di sini untuk membaca tutorial belajar PHP part 2: Instalasi XAMPP dan menjalankan PHP pada localhost.

Incoming search terms:

  • pengenalan php
  • belajar syntax php
  • belajar php dan syntax
  • gambar pengenalan PHP
  • kegunaan php
  • males ngoding php




Diki Alfarabi Hadi

Coding enthusiast. Someone who love learn something new. especially about web programming and web design. happy to share about knowledge and learn from other.


Discussion
6 Comments
  • Malas Ngoding | Kumpulan tutorial pemograman berkualitas dan lengkap 2 years ago

    […] untuk menjalankan file .php sebagaiman yang telah di jelaskan sebelum nya di tutorial dasar php pengenalan php di malasngoding.com bahwa PHP hanya dapat berjalan pada sisi server oleh karena itu PHP di sebut […]


  • Malas Ngoding | Tutorial belajar pemrograman web, mobile dan design 2 years ago

    […] Belajar PHP Part 1 : Pengenalan PHP Belajar PHP Part 2 : Instalasi web server […]


  • lina karlina 2 years ago

    memang om malas ngoding luar biasa :* terima kasih banyak om ilmunya. semoga berkah, di berikan rezeki yang melimpah, dan di berikan kesehatan rohani dan jasmani. terima kasih…


    • admin 2 years ago

      amin.. terima kasih mbak..


  • andri 2 years ago

    mntappp


  • edi kurniawan 2 years ago

    terimakasi banyak atas ilmu yg di bagikan mas malesngoding, semoga menjadi berkah dunia akhirat, aminnnnn



Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *