PHP

PHP OOP Part 3 : Pengenalan Construct Dan Destruct Pada OOP PHP

PHP OOP Part 3 : Pengenalan Construct Dan Destruct Pada OOP PHP

PHP OOP Part 3 : Pengenalan Construct Dan Destruct Pada OOP PHP

Pengenalan Construct Dan Destruct Pada OOP PHP – Masih di tutorial OOP PHP. di tutorial ini kita akan membahas method yang tidak kalah pentingnya di Pemrograman Berorientasi Pada Object. yaitu method Construct(konstruktor) dan Destruct(destruktor). apa itu method konstruktor dan destruktor akan kita bahas di tutorial php ini. pengenalan dan cara penggunaan method construct dan destruct juga akan kita bahas.

Kita akan masuk ke penjelasan tentang contruct terlebih dulu. silahkan teman-teman simak penjelasan berikut ini tentang pengertian dan kegunaan method constructor.

Pengertian Method Construct(konstruktor)

Method Construct adalah method yang di jalankan pertama kali pada saat sebuah class di jalankan. jadi apabila kita menjalanka atau menginstansiasi sebuah class, (baca : PHP OOP Part 2 : Pengertian Class, Object, Property dan Method ) . maka jika terdapat method atau function construct di dalam nya maka yang pertama kali di jalankan adalah method construct ini. PHP OOP Pengenalan Construct Dan Destruct Pada OOP PHP

Cara penulisan method construct di awali dengan syntax function. lalu di di ikuti dengan __construct.(double underscore dan construct). contoh penulisannya.PHP OOP Pengenalan Construct Dan Destruct Pada OOP PHP

perlu di ketahui, kita tidak perlu lagi memanggil fungsi construct pada saat instansiasi. karena construct dan destruct akan di jalankan otomatis jika class nya yang di instansiasi. perhatikan contoh penggunaan method atau fungsi __construct() pada contoh oop php berikut.

dan hasilnya.

pengertian dan cara menggunakan method construct

pengertian dan cara menggunakan method construct

dapat teman-teman lihat pada contoh di atas. method construct akan di panggil pertama kali. padahal kita tidak memanggilnya. karena method constuct di jalankan pertama kali sebelum method yang lainnya secara otomatis.

Pengertian Method Destruct(destruktor)

Jika construct adalah method yang pertama kali di jalankan pada saat sebuah class di akses, maka destruct adalah method yang terakhir di jalankan setelah semua method di classnya selesai di jalankan. jadi method destruct adalah kebalikan dari method construct.

Cara penulisannya sama seperti penulisan method construct. di awali dengan syntax function. dan di awalnya menggunakan underscore ganda.(__). contohnya __destruct().

dan perhatikan contoh penulisan dan penggunaan method destruct pada oop php. di sini saya juga menyertakan method construct agar bisa teman-teman bedakan perbedaan dari construct dan destrcut. sesuai dengan yang di jelaskan di atas. method construct adalah method yang di jalankan pertama kali. dan method destruct adalah method yang terakhir di jalankan. contohnya. PHP OOP Pengenalan Construct Dan Destruct Pada OOP PHP

PHP OOP Pengenalan Construct Dan Destruct Pada OOP PHP

pengenalan method construct dan destruct pada oop php

dapat di lihat pada contoh di atas. method destruct di jalankan yang terakhir.PHP OOP Pengenalan Construct Dan Destruct Pada OOP PHP.

Oke teman-teman. kita telah belajar mengenal method construct dan destruct pada oop di tutorial ini. saya rasa cukup sekian dulu tutorial PHP OOP Part 3 : Pengenalan Construct Dan Destruct Pada OOP PHP. akan kita lanjutkan pada tutorial oop php selanjutnya.

Baca juga :

Incoming search terms:

  • pnegertian fungsi contruct pada php
  • php oop part 3
  • contoh sintak construct php
  • fungsi construct pada php
  • Apa yang dimaksud constructor di frame work
  • fungsi construct pada php oop
  • cara membuat constructor di php 7
  • pengertian constructor
  • cara membuat method dan primary construct pada PHP
  • cara membuat konstruktor pada php




Diki Alfarabi Hadi

Coding enthusiast. Someone who love learn something new. especially about web programming and web design. happy to share about knowledge and learn from other.


Discussion
No Comment

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *