Tutorial Laravel #35 : Kirim Email Dengan Laravel


kirim email dengan laravel

Kirim Email Dengan Laravel – Salah satu fitur keren dari laravel adalah adanya fitur untuk mengirim email dengan mudah. laravel sudah menyediakan fitur ini secara default pada saat kita menginstall project laravel.

Pada tutorial sebelumnya di malasngoding.com, kita telah pernah menggunakan fitur pengiriman email, yaitu pada saat kita membuat fitur reset password user pada laravel.

Sebagai percobaan pada masa development aplikasi dengan laravel, untuk percobaan email kita bisa menggunakan mailtrap.io. seperti yang sudah dijelaskan juga sebelumnya tentang mailtrap.io.

mailtrap.io merupakan SMTP server palsu untuk testing. jadi kita bisa menggunakan mailtrap.io untuk penanganan email pada aplikasi yang sedang kita bangun.

misalnya seperti membuat percobaan simulasi pengiriman email dan menampilkan tampilan email yang dikirim.

Pada tutorial membuat pengiriman email pada laravel ini kita akan belajar bagaimana caranya mengirim email menggunakan laravel, tidak hanya mengirim email biasa.

kita juga akan belajar tentang cara mendesain konten email yang dikirim. agar tampilan emailnya lebih terkesan premium dan menarik.

Kirim Email Dengan Laravel

Contoh mengirim email dengan laravel yang pertama kita akan menggunakan mailtrap.io. baru kemudian kita akan mencoba mengirim email dengan gmail dengan laravel (Gmail SMTP Server).

Konfigurasi mailtrap

Karena kita akan menggunakan mailtrap.io, maka kita wajib mendaftar untuk membuat akun di mailtrap.io.

Sehingga nantinya email yang kita kirim dari laravel akan masuk ke kotak masuk atau inbox di mailtrap.io.

Saya anggap teman-teman sudah mendaftar/membuat akun, kemudian silahkan langsung login. sehingga kita akan diberikan username dan password dari mailtrap.

kirim email dengan laravel

kirim email dengan laravel

Kemudian copy username dan password yang kita dapatkan di atas. paste ke pengaturan mail laravel yang ada pada file .env laravel.

Kemudian buka file .env proyek laravel kita. pastekan username password tersebut. sehingga menjadi seperti berikut.

INGAT! isi username dan password tersebut sesuai dengan username dan password yang teman-teman dapatkan pada akun mailtrap temap-teman masing-masing.

Karena jika menggunakan username dan password akun saya, email tidak akan masuk, karena masing-masing akun mailtrap diberikan username dan password yang berbeda-beda.

Jadi silahkan isi dengan username dan password dari akun mailtrap yang teman-teman dapatkan.

Setelah melakukan konfigurasi mail laravel. kita lanjutkan dengan membuat class Mailable laravel.  kita bisa membuatnya dengan menggunakan perintah artisan.

Berikut ini perintah php artisan untuk membuat class mailable.

php artisan make:mail MalasngodingEmail

dengan mengetik perintah artisan di atas, maka laravel akan membuatkan class mailable MalasngodingEmail.php untuk kita. yang terletak pada app/Mail/MalasngodingEmail.php.

kita abaikan saja dulu MalasngodingEmail.php nya. agar lebih mudah dipahami materinya.

Kita lanjut ke membuat route. buat satu buah route baru untuk membuat url yang bertugas menangani pengiriman emailnya.

routes/web.php

route ‘kirimemail’ ini pada saat diakses akan menjalankan method index() dalam controller MalasngodingController.php.

Sekarang buat controller baru dengan nama MalasngodingController.php jika teman-teman belum mempunyai controller ini.

BACA : Cara Membuat Controller Laravel

app/Http/controllers/MalasngodingController.php

Nah, perhatikan pada controller di atas. karena kita akan menggunakan fitur Mail Laravel, maka kita wajib memanggil Facades Mail dan Class Mailable MalasngodingEmail.php.

Kemudian pada method index() ini kita bisa langsung memerintahkan untuk mengirim email dengan mengisi tujuannya ke “[email protected]“.

dan class Mailable yang akan kita gunakan adalah MalasngodingEmail.

Oke untuk sementara selesai, dan sekarang buka class Mailable MalasngodingEmail.php. ubah isinya menjadi seperti berikut.

app/Mail/MalasngodingEmail.php

Perhatikan method build() pada class Mailable MalasngodingEmail.php di atas. pada method ini kita mendesain isi emailnya. misalnya dengan mengisi email pengirimnya “[email protected]ngoding.com“.

Kita juga menggunakan view, yang mana view ini yang akan menjadi template emailnya. kita juga mempassing dua buah data ke view emailku.blade.php.

yaitu data nama dan website.

Atau jika teman-teman ingin melampirkan file dalam email teman-teman bisa menambahkan method attach() seperti contoh dibawah.

Oke lanjut ke membuat view emailku.blade.php.

resources/views/emailku.blade.php

View emailku.blade.php ini yang akan menjadi isi dari email. dimana kita menampilkan data nama dan data website yang di passing dari Mailable MalasngodingEmail.php sebelumnya.

Contoh Kirim Email Dengan Laravel

Oke, kita coba. jalankan proyek laravelnya.

php artisan serve

dan akses

localhost:8000/kirimemail

Pada saat mengakses route tersebut maka email akan dikirim ke mailtrap.io. dimana sebelumnya juga sudah dijelaskan bahwa mailtrap.io ini menjadi tempat percobaan email pada saat mendevelop proyek aplikasi.

Sekarang buka inbox mailtrap.io. maka akan ada email baru yang masuk.

mengirim email pada laravel

mengirim email pada laravel

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, email pun berhasil masuk. sesuai dengan yg kita buat pada view emailku.blade.php tadi.

Sampai di sini, selesai sudah proses pembuatan fitur kirim email pada laravel. menggunakan mailtrap sebagai server percobaannya.

Mengirim Email Pada Laravel Dengan Gmail

Cara menggunakan gmail untuk pengiriman email (SMTP gmail), silahkan teman-teman sesuaikan konfigurasi mail laravel pada file .env.

isi pengaturan mail laravel teman-teman seperti di atas.

Selesai sudah tutorial pengiriman email menggunakan laravel. terima kasih :).

 

Incoming search terms:

  • cara membuat notifikasi lewat email dengan laravel
  • laravel kirim email



Diki Alfarabi Hadi

Coding enthusiast. Someone who love learn something new. especially about web programming and web design. happy to share about knowledge and learn from other.

TUTORIAL MENARIK LAINNYA

action url laravel
laravel localization
Diskusi
Tidak Ada Komentar

Tulis Komentar / Pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *