Tutorial Laravel #4 : Passing Data Controller Ke View Laravel


Passing Data Controller Ke View Laravel

Passing Data Controller Ke View Laravel – Pada seri tutorial laravel lengkap bahasa indonesia di www.malasngoding.com bagian 4 ini kita akan belajar tentang passing data dari controller ke view laravel.

Jika teman-teman sudah pernah belajar codeigniter, pasti teman-teman sudah pernah belajar tentang passing dari dalam konsep MVC, data yang ada pada controller atau data yang diolah dalam controller di passing atau di oper ke view untuk ditampilkan.

Passing Data Controller Ke View Laravel

Passing data adalah proses mengoper data. data yang dioper adalah data yang ada pada controller ke view untuk ditampilkan.

Cara untuk mempassing atau oper data ke view pada laravel, kita bisa mengirim datanya dalam parameter ke 2 pada fungsi view().

Kita telah belajar tentang penggunaan fungsi view() pada tutorial route dan view sebelumnya.

Fungsi view() kita gunakan untuk memanggil view yang ingin ditampilkan. nah, data yang ingin di passing kita letakkan pada parameter ke 2 dalam fungsi view. Parhatikan contoh berikut.

Jika teman-teman mengikuti seri tutorial lengkap laravel di www.malasngoding.com, sebelumnya kita telah membuat controller DosenController. Untuk teman-teman yang belum membaca tutorial laraval dari part 1 sampai part 4 ini, silahkan cek tutorial sebelumnya dulu agar pembahasan kita lebih nyambung.

Memanggil View Dari Controller Laravel

Kita mulai dengan memanggil atau menampilkan view dari controller DosenController yang sudah kita buat pada tutorial laravel part sebelumnya.

Buka controller DosenController, pada belajar_laravel/app/Http/Controllers/DosenController.php.

Passing Data Controller Ke View Laravel

Passing Data Controller Ke View Laravel

Pada tutorial sebelumnya kita telah membuat method index() pada controller DosenController. untuk me-return atau mengembalikan string. seperti pada syntax di gambar di atas dan syntax berikut.

Sekarang kita akan mencoba memanggil atau menampilkan view dari controller, jadi sampai di sini kita tidak lagi menampilkan view dari route seperti cara sebelumnya.

Karena Cara sebelumnya kita hanya berkenalan dengan route dan cara pemanggilan view, cara benar nya adalah view tetap di panggil dari controller untuk ditampilkan.

Buat view baru, di sini kita akan menampilkan view biodata. jadi biat sebuah file view baru lagi dalam folder views. buat dengan nama biodata.blade.php.

Untuk nama view nya terserah teman-teman asalkan ekstensinya tetap menggunakan .blade.php seperti cara membuat view pada laravel yang sudah dijelaskan pada tutorial sebelumnya.

belajar_laravel/resources/views/biodata.blade.php

Selanjutnya pada method index dalam controller DosenController kita panggil view biodata.blade.php ini.

belajar_laravel/app/Http/Controllers/DosenController.php

Sekarang pada saat kita mengakses localhost:8000/dosen atau localhost/belajar_laravel/public/dosen, maka akan ditampilkan view dosen.blade.php.

Karena pada part sebelumnya yaitu pada tutorial cara membuat controller pada laravel, kita telah memerintahkan route ‘dosen’ menjalankan controller DosenController dan method index pada saat route ‘dosen’ di akses.

memanggil controller dari route laravel

memanggil controller dari route laravel

Oke teman-teman sekarang kita akan mengakses route “dosen”.

Jangan lupa menjalankan “php artisan serve” dulu ya teman-teman.

menjalankan laravel dari php artisan

menjalankan laravel dari php artisan

localhost:8000/dosen

Maka hasilnya.

memanggil view dari controller laravel

memanggil view dari controller laravel

Selanjutnya kita akan belajar mengoper data dari dari controller DosenController (method index) ke view biodata.

Passing Data Dari Controller Ke View Laravel

Seperti yang sudah disinggung pada awal sub judul tutorial ini, untuk memparsing data dari controller ke view, kita bisa mengirimkannya pada parameter kedua pada fungsi view(). contoh, silahkan buka lagi method index() pada controller DosenController.

belajar_laravel/app/Http/Controllers/DosenController.php

Perhatikan pada syntax di atas, pada syntax di atas kita membuat sebuah variabel yang menyimpan data nama “Diki Alfarabi Hadi”.

Kemudian pada bagian

kita mengirimkan data variabel nama. selanjutnya pada view biodata.blade.php, kita bisa langsung menampilkan data yang ada dalam variabel nama. buka view biodata.blade.php.

belajar_laravel/resources/views/biodata.blade.php

Perhatikan pada syntax di atas. kita bisa langsung menampilkan data yang ada dalam variabel nama tadi hanya dengan menuliskan syntax {{ $nama }} .

Jadi kita tidak perlu lagi menuliskannya dengan cara membuka tag php ( <?php  …….   ?>).

Ini lah kelebihan dari sistem template blade dari laravel ( .blade.php ). segala penggunaannya semacam sudah dipermudah untuk kita dalam menggunakan laravel.

Oke kita lihat hasilnya, localhost:8000/dosen.

sistem templating blade laravel

sistem templating blade laravel

Passing Data Array Ke View Laravel

Untuk mengoper data array ke view laravel, perhatikan contoh berikut.

belajar_laravel/app/Http/Controllers/DosenController.php

Perhatikan pada syntax di atas, data array yang kita masukkan dalam variabel pelajaran bisa langsung kita passing ke view, dengan cara yang sama, data-data yang dikirim ke view tinggal kita pisahkan dengan tanda koma ” , “.

Pada contoh data array yang dikirim di atas, data array kita masukkan dalam variabel pelajaran, kemudian kita kirimkan dengan nama “matkul”. jadi pada view kita akan mengakses dengan nama “matkul”.

Buka view biodata.blade.php lagi.

belajar_laravel/resources/views/biodata.blade.php

Perhatikan pada syntax di atas, data array matkul yang dikirimkan dari controller kita tampilkan dengan menggunakan foreach(). karena datanya dalam bentuk array.

Data variabel matkul kita ubah menjadi variabel m dalam fungsi foreach. kemudian kita tinggal menampilkan variabel m seperti pada syntax di atas.

Untuk penulisan fungsi foreach dan perulangan lainnya dalam template blade laravel kita juga tidak perlu menulisakan tag php. kita bisa menggungakan tanda @ langsung.

Kita lihat hasilnya.

passing data array di laravel

passing data array di laravel

Sampai di sini selesai sudah materi kita tentang Passing Data Controller Ke View Laravel.

Pada tutorial laravel part 4 ini, Kita telah belajar cara memanggil view dari controller, belajar cara mengoper data dan data array dari controller ke view.

Akan kita lanjutkan pada tutorial selanjutnya.

 

Incoming search terms:

  • passing data to the controller



Diki Alfarabi Hadi

Coding enthusiast. Someone who love learn something new. especially about web programming and web design. happy to share about knowledge and learn from other.

TUTORIAL MENARIK LAINNYA

maintenance mode pada laravel
Diskusi
Tidak Ada Komentar

Tulis Komentar / Pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *