Tutorial Laravel #1 : Pengertian dan Cara Install Laravel


pengertian dan cara install laravel

Pengertian dan Cara Install Laravel – Selamat datang di seri tutorial laravel bahasa indonesia lengkap bagian pertama di www.malasngoding.com. Pada seri tutorial laravel ini kita akan belajar laravel dari yang paling dasar. akan dijelaskan tutorial laravel mulai dari tahap pengenalan, pengertian dan cara instalasi laravel.

Dilanjutkan dengan tutorial laravel selanjutnya secara bertahap. Sampai dengan membuat sistem informasi atau aplikasi dengan menggunakan laravel.

Pengertian dan Cara Install Laravel

Pengertian Laravel

Laravel adalah sebuah framework PHP yang sangat populer saat ini. sama seperti halnya codeigniter jika teman-teman sudah pernah mendengar tentang codeigniter, laravel dan codeigniter sama-sama merupakan framework atau kerangka kerja PHP yang dibuat untuk mempermudah para developer atau programmer dalam membangun sistem/aplikasi yang berukuran kecil, bahkan sampai sekala besar.

Sampai pada saat tutorial ini dibuat, pengembangan laravel sudah mencapai versi 5.7. jadi pada seri tutorial lengkap laravel bahasa indonesia ini kita akan menggunakan Laravel versi 5.7.

Tapi jangan khawatir, jika pada saat teman-teman membaca tutorial ini, jika versi laravel sudah lewat dari versi 5.7, teman-teman masih bisa mengikuti tutorial ini. karena perbedaan dari versi pengembangan laravel tidak akan jauh berbeda dari setiap versi rilis nya.

Laravel dibuat oleh Taylor Otwell. dan saat ini laravel menjadi salah satu framework PHP yang paling banyak digunakan di dunia. karena kemudahan penggunaannya, banyaknya dukungan seperti misalnya dokumentasi yang baik dan dukungan library yang lengkap. sehingga bisa kita sebut jika “Laravel seperti memanjakan penggunanya”.

Laravel juga menggunakan metode MVC (Model, View, Controller). Apa itu MVC ?  MVC merupakan suatu metode untuk memisahkan bagian-bagian web aplikasi.

Yang disebut dengan MODEL biasanya bagian yang berurusan dengan database. VIEW adalah bagian antarmuka atau bagian depan aplikasi, segala sesuatu yang diproses dalam sistem akan ditampilkan pada view, sedangkan CONTROLLER adalah bagian yang menangani atau mengenengahi antar model dan view, jadi controller lah yang berperan sebagai pengendali dari sebuah sistem.

Sama halnya dengan semua framework PHP.

Jika teman-teman masih bingung dan belum mengerti apa itu laravel, sebaiknya teman-teman lanjutkan saja membacanya, setelah masuk ke tutorial laravel selanjutnya saya yakin teman-teman pasti akan lebih mengerti tentang pengertian laravel dan kegunaan laravel.

Cara Install Laravel

Cara install laravel di windows ataup cara install laravel di mac / OS X, caranya sama saja. asalkan kita sudah menginstall composer. di tutorial sebelumnya di www.malasngoding.com sudah saya jelaskan juga cara install composer di sistem operasi windows, osx, unix/linux.

Silahkan teman-teman baca tutorial cara install composer di sini.

Pastikan teman-teman sudah menginstall xampp, baca tutorialnya di sini jika belum, dan pastikan teman-teman sudah menginstall composer dengan baik.

Oke langsung saja kita mulai cara install laravel, pertama buka terminal jika teman-teman menggunakan mac os. atau command prompt jika teman-teman menggunakan windows.

Setelah teman-teman membuka terminal atau command prompt di laptop teman-teman masing-masing, selanjutnya kita akan memulai instalasi laravel dengan mulai mendownload laravel menggunakan composer.

Kita masuk dulu ke direktori dimana letak project laravel nya ingin kita buat. dalam contoh ini kita akan membuat project laravel dalam folder htdocs.

Jadi silahkan masuk ke direktori htdocs sesuai dimana lokasinya masing-masing.

Jika teman-teman menggunakan XAMPP, maka ketik :

windows

mac os/os x

Kemudian ketikkan perintah berikut untuk menginstall laravel

cara install laravel

cara install laravel

dan tekan enter.

  • create-project : Perintah untuk membuat project baru
  • –prefer-dist : Untuk memerintahkan download laravel versi yang direkomendasikan atau versi yang stabil (terbaru).
  • belajar_laravel : Nama project laravel yang ingin kita buat

Pada contoh tutorial laravel ini kita akan membuat project laravel dengan nama “belajar_laravel”. silahkan teman-teman sesuaikan apa nama project yang ingin teman-teman buat. tapi alangkah lebih bagusnya jika teman-teman buat saja degan nama belajar_laravel, agar saat teman-teman mengikuti seri tutorial laravel di malasngoding.com, menjadi lebih mudah.

Oke, proses downloadnya akan memakan waktu beberapa menit, tergantung koneksi internet yang teman-teman miliki.

Setelah selesai, maka tampilannya akan seperti berikut.

pengertian dan cara install laravel

pengertian dan cara install laravel

dan sekarang kita sudah punya folder project “belajar_laravel” dalam folder htdocs.

Kemudian sekarang kita masuk ke folder project kita, yaitu “belajar_laravel”. jadi ketik lagi perintah berikut pada terminal/command prompt nya.

dan ketik lagi

cara menjalankan project laravel

cara menjalankan project laravel

Coba perhatikan gambar di atas, pada saat kita mengetikkan php artisan serve, dan tekan enter maka project “belajar_laravel” akan dijalankan pada http://127.0.0.1:8000. yang arti nya server development laravel sudah di buat dan project kita sudah bisa kita akses pada localhost dengan menggunakan port 8000.

terminal/cmd nya jangan di stop dulu, Sekarang silahkan buka web browser teman-teman dan buka alamat berikut

atau

Jika teman-teman melihat tampilan halaman laravel seperti berikut, maka tandanya kita telah berhasil menginstall laravel. dan sudah siap kita gunakan untuk mendeveloper atau membangun aplikasi menggunakan laravel.

pengertian dan cara instalasi laravel

pengertian dan cara instalasi laravel

Selamat, cara instalasi laravel telah selesai.

Atau karena kita menginstall laravel nya dalam folder htdocs (localhost), kita juga bisa menjalankan project laravel nya dengan langsung mengakses project kita melalui web browser dengan mengakses alamat

Jika teman-teman ingin membaca-baca panduan langsung dari laravel bisa baca di https://laravel.com/docs/5.7.

Ringkasan

Jika kita ringkas kembali cara install laravel nya,

  1. Pastikan teman-teman sudah install composer
  2. Masuk ke direktori dimana teman-teman ingin menginstall laravel nya (Masuk ke htdocs melalui terminal / command prompt).
  3. Download laravel menggunakan composer, gunakan perintah. create-project –prefer-dist laravel/laravel nama_projek
  4. Masuk ke folder project laravel yg sudah selesai dibuat. cd belajar_laravel
  5. Jalankan project dengan perintah php artisan serve
  6. Akses alamat http://localhost:8000 pada web browser.
  7. Selesai.

 

Terima kasih sudah membaca tutorial pengertian dan cara install laravel. sampai di sini kita telah berhasil menginstall laravel. dan sudah siap untuk kita gunakan, yuk baca tutorial laravel lengkap selanjutnya di malasngoding.com. 🙂

 

Incoming search terms:

  • cara deploy laravel
  • pengertian laravel



Diki Alfarabi Hadi

Coding enthusiast. Someone who love learn something new. especially about web programming and web design. happy to share about knowledge and learn from other.

TUTORIAL MENARIK LAINNYA

maintenance mode pada laravel
Diskusi
3 Komentar
  • Belajar Route dan View Pada Laravel – Malas Ngoding 2 weeks ago

    […] Wajib baca : Tutorial Laravel Part 1 : Cara Install Laravel […]

  • Tutorial Laravel #6 : Maintenance Mode Pada Laravel – Malas Ngoding 5 days ago

    […] Baca juga :  Tutorial Cara Instalasi Laravel […]

  • Tutorial Laravel #7 : Konfigurasi Dasar Pada Laravel – Malas Ngoding 2 days ago

    […] kita menginstall laravel menggunakan composer. akan ada sebuah file yang bernama .env dan terletak di direktori paling luar dalam project […]


Tulis Komentar / Pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *