Tutorial Laravel #26 : Membuat Login dan Register Dengan Laravel


Login dan Register Laravel – Halo teman-teman semua. selamat datang kembali di tutorial belajar laravel lengkap untuk pemula berbahasa indonesia.

Saya ucapkan selamat kepada teman-teman, karena sudah belajar sampai ke tutorial laravel part 26 di malasngoding.com. sudah banyak sekali materi laravel yang sudah kita bahas sebelumnya, mulai dari instalasi, route dan view, model, controller, eloquent dan lain-lain.

Sesuai dengan judul tutorial ini, yaitu Tutorial Laravel #26 : Membuat Login dan Register Dengan Laravel. Kita akan belajar membuat Login dengan mudah di laravel. dan kita juga akan belajar membuat fitur register atau daftar dengan laravel.

Login dan Register Laravel

Pada tutorial ini kita akan belajar bagaimana membuat login dan register di laravel dengan mudah dan cepat. Caranya pun sangat mudah.

Laravel telah menyiapkan perintah php artisan untuk membuat login atau sistem autentikasi dengan laravel. tidak hanya itu, laravel juga telah menyiapkan file migration untuk membuat table user. jadi bisa langsung kita migrate untuk membuat table user.

Jadi nantinya pada sistem login dan register yang akan kita buat ini, user bisa mendaftarkan akun dirinya, setelah mendaftar, user bisa melakukan login. laravel keren kan? 🙂

Yuk langsung saja kita masuk ke tutorial membuat login dan register atau pendaftaran laravel dengan cara yang mudah dan cepat.

Persiapan Project

Hal pertama yang kita lakukan adalah mempersiapkan project laravel nya. pada tutorial membuat login dan fitur register  laravel ini, saya membuat sebuah project laravel baru dengan nama laravelku.

Silahkan baca tutorial berikut jika teman-teman belum mempelajari cara membuat project laravel.

BACA : Tutorial Instalasi Laravel

Kita akan membuat project laravel nya di dalam folder htdocs.

Buka terminal atau CMD teman-teman, masuk ke directory htdocs nya menggunakan perintah cd. teman-teman yang menggunakan XAMPP, WAMP atau MAMP bisa menyesuaikan ya. di sini saya menggunakan MAMP.

Kemudian ketik perintah berikut untuk menginstall project laravel menggunakan composer.

karena di sini kita akan menginstall project laravel dengan nama laravelku. maka perintahnya seperti berikut.

Instalasi Project Laravel

Instalasi Project Laravel

Tunggu hingga selesai.

Persiapan Database

Setelah selesai melakukan instalasi laravel, selanjutnya kita lakukan beberapa pengaturan database pada project laravel yang baru saja kita install.

Buat database baru dengan nama laravelku. silahkan teman-teman sesuaikan dengan keinginan masing-masing ya.

Setelah membuat database, kemudian buka file .env yang ada pada direktori paling luar dalam project laravelnya. pada file ini kita akan melakukan pengaturan koneksi database laravel.

BACA : Cara Menghubungkan Laravel Dengan Database

.env

silahkan teman-teman sesuaikan dengan username dan password mysql teman-teman ya. jangan lupa untuk mengisi nama database yang akan kita gunakan juga pada file .env tersebut.

Jika sudah, selanjutnya kita akan membuat table untuk user yang akan melakukan register dan login. perhatikan pada folder migration, laravel sudah menyediakan file migration untuk membuat table user untuk kita.

membuat table user di laravel

membuat table user di laravel

Secara default laravel akan membuatkan kolum id, name, email, email_verified_at, password, rememberToken, created_at dan updated_at.

teman-teman gak perlu khawatir, pasti teman-teman bertanya kolum email_verified_at buat apa? tenang, akan kita bahas pada tutorial selanjutnya. pokoknya di malasngoding.com akan kita bahas tutorial laravel ini secara tuntas sampai ke akar-akarnya. hehe.

Oke ya, sampai di sini mudah-mudahan teman-teman sudah paham. selanjutnya kita migrate untuk membuat table user menggunakan  perintah php artisan berikut.

php artisan migrate

Oke, sekarang table user sudah dibuatkan oleh laravel.

membuat login dan register dengan laravel-compressed

membuat login dan register dengan laravel-compressed

Jika teman-teman lihat pada gambar di atas, laravel juga membuatkan table password_resets untuk kita. tenang, akan kita bahas juga pada tutorial selanjutnya. untuk sekarang kita fokus saja dulu pada table users yang akan kita gunakan dalam pembuatan fitur register atau pendaftaran user dan login.

membuat login dan register di laravel

membuat login dan register di laravel

Sampai di sini proses persiapan database sudah selesai. kita lanjut ke proses membuat fitur register dan login pada laravel.

Membuat Login Dengan Mudah Di Laravel

Nah, sekarang kita masuk ke proses membuat login dan register dengan laravel. seperti yang saya jelaskan sebelumnya. laravel melakukan semuanya untuk kita. jadi programmer betul-betul dimanja oleh laravel.

Bayangkan saja, hanya sebaris perintah php artisan, kita lansung punya fitur login dan register.

Untuk membuat Login atau register pada laravel, kita bisa mengetikkan perintah php artisan berikut.

php artisan make:auth

dan tunggu sampai selesai.

php artisan make auth

php artisan make auth

Setelah selesai, sekarang jalankan project laravelku.

php artisan serve

kemudian akses projectnya

localhost:8000

Maka kita akan punya menu login dan register pada bagian header. Login dan Register Laravel.

Login dan Register Laravel

Login dan Register Laravel

Coba klik register, maka akan muncul halaman pendaftaran user. kita daftarkan akun user pada menu register.

membuat register dengan laravel

membuat register dengan laravel

Klik register, maka data user yang kita daftarkan di atas akan disimpan pada table users. dan kita langsung di alihkan ke halaman dashboard user.

halaman dashboard user admin laravel

halaman dashboard user admin laravel

Mantap, tidak hanya itu, kita juga sekarang punya menu logout. dan bisa melakukan login kembali. klik pada menu paling kanan atas untuk melihat menu logout.

membuat logout dengan laravel

membuat logout dengan laravel

kemudian kita coba login dengan user yang sudah kita daftarkan tersebut.

membuat login dengan laravel

membuat login dengan laravel

klik login.

halaman dashboard user admin laravel

halaman dashboard user admin laravel

Oke teman-teman, selesai sudah proses Membuat Login dan Register Dengan Laravel. sangat mudah bukan.

Penjelasan

Ada beberapa penjelasan yang mungkin teman-teman butuhkan. tentang proses login dan register pada laravel ini.

Apa saja yang berubah dari project laravel kita dengan membuat login menggunakan php artisan make:auth ?

Route

Ada beberapa bagian yang di generate oleh laravel, pada bagian route, akan ada route login yang sepaket di dalamnya ada route untuk login, logout, register dan lain-lain. yaitu fungsi Auth::routes();

Teman-teman bisa mengecek route apa saja yang ada dalam fungsi Auth::routes(); tersebut dengan mengetikkan perintah php artisan route:list .

Controllers

Ada beberapa controller yang digenerate, di anatranya adalah controller yang ada dalam folder auth. dan HomeController sebagai controller yang menampilkan halaman dashboard user.

Views

Jika teman-teman ingin melakukan custom halaman login laravel, teman-teman bisa melakukan custom pada folder auth, yang ada dalam folder views.

Selebihnya teman-teman bisa langsung explore sendiri sambil lebih banyak bereksperimen.

Sekian dulu Tutorial Laravel #26 : Membuat Login dan Register Dengan Laravel. semoga dapat bermanfaat. akan kita lanjutkan pada tutorial laravel selanjutnya.

Incoming search terms:

  • malas ngoding laravel login
  • membuat forum login laravel di android



Diki Alfarabi Hadi

Coding enthusiast. Someone who love learn something new. especially about web programming and web design. happy to share about knowledge and learn from other.

TUTORIAL MENARIK LAINNYA

relasi one to many eloquent laravel
Diskusi
1 Komentar
  • irman 4 weeks ago

    Saya seorang pemula yang ingin menambah ilmu ngoding, sesuai jurusan kuliah saya saat ini Sistem Informasi. dalam waktu dekat saya akan menyelesaikan program S1 saya. Judul yang akan saya angkat (belum diajukan) adalah Sistem Informasi akademik Sekolah untuk pondok pesantren. saya akan banyak belajar dari tutorial pada web ini. Jadi saya mohon izin jika nantinya saya gunakan untuk menyelesaikan tugas kuliah saya.
    terimakasih atas ilmu yang sudah dibagikan ini, semoga jadi amal jariyah nantinya…..Aamiin.
    jangan bosan membagi ilmunya.


Tulis Komentar / Pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *