Tutorial Laravel #32 : Session Laravel


session laravel

Session Laravel – Seperti yang sudah kita ketahui tentang session pada saat kita belajar PHP dasar dulu. Session merupakan data yang bersifat sementara. data session di simpan pada server. salah satu contoh penggunaan session yang pasti sudah umum adalah untuk membuat proses login dan pengecekan login.

Seperti yang sudah dijelaskan juga pada tutorial sebelumnya tentang membuat login dengan PHP dan Mysqli, pada proses login sebuah sistem, biasanya session menjadi kunci penanda bahwa yang memiliki kunci tersebut bisa masuk ke sistem yang dibuat.

Tidak jauh berbeda dengan penggunaan dan pengertian session pada laravel, kegunaan dan pengertiannya masih sama. yang membedakannya hanya cara membuat session pada laravel.

Pada tutorial ini kita akan belajar cara membuat session dengan laravel, menghapus session, dan menampilkan isi session. dan lain-lain.

Session Laravel

Pada tutorial session laravel ini kita hanya akan belajar dasar-dasar session pada laravel, kita tidak akan jauh mempelajari penggunaan session seperti membuat login, untuk tutorial membuat login secara manual dengan session laravel akan kita bahas pada tutorial laravel selanjutnya.

Silahkan sediakan sebuah project laravel, pada tutorial session laravel ini saya sudah menyediakan sebuah project laravel dengan nama “test“.

Setelah melihat contoh penggunaan session laravel, seperti membuat session, menghapus session dan menampilkan session dengan laravel ini. baru kemudian akan dijelaskan.

Langsung saja, saya contohkan dengan membuat tiga buah route.

routes/web.php

Perhatikan route di atas.

route ‘session/tampil‘ akan mengakses method tampilkanSession() dalam controller TesController.php. route ‘session/buat‘ akan mengakses method buatSession() pada controller TesController.php, dan route ‘session/hapus‘ kita arahkan untuk mengakses method hapusSession() pada controller TesController.php.

Selanjutnya buat sebuah controller TesController.php nya. silahkan teman-teman buat secara manual pada folder app/Http/controllers/TesController.php. atau bisa juga membuat controller dengan php artisan seperti yang sudah kita pelajari pada tutorial laravel sebelumnya.

Kemudian buat beberapa method dalam controller TesController.php yang telah dibuat.

app/Http/Controllers/TesController.php

Perhatikan ketiga method di atas. pada method tampilkanSession() kita membuat pemeriksaan menggunakan if .. else, jika ada session nama, maka tampilkan isi dari session nama. jika tidak, tampilkan pesan “Tidak ada data dalam session.

$request->session()->has(‘nama’) berfungsi untuk mengecek jika ada session ‘nama’. $request->session()->get(‘nama’) berguna untuk menampilkan isi session ‘nama’.

Kita lanjut ke method buatSession(). pada method ini kita akan membuat session. untuk membuat session kita bisa menggunakan fungsi $request->session()->put(). nama session dan isi sessionnya bisa kita isi dalam parameter method ini. seperti misalnya $request->session()->put(‘nama’,’Diki Alfarabi Hadi’), berarti kita memerintahkan untuk membuat session ‘nama’, dan isi session nama tersebut adalah ‘Diki Alfarabi Hadi’.

Method hapusSession() kita isi dengan perintah untuk menghapus session. kita menggunakan $request->session()->forget(‘nama’) dengan tujuan untuk menghapus data pada session nama.

Session Pada Laravel

Selanjutnya kita akan coba jalankan semua proses pengolahan session yang sudah kita buat pada proyek laravel kita.

Jalankan project dengan php artisan serve. kemudian akses localhost:8000/session/tampil.

Session Laravel

Session Laravel

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada route ini kita membuat pengecekan, menampilkan isi session nama session nama ada, dan menampilkan “Tidak ada data dalam session” jika tidak ada data pada session nama.

Karena kita belum membuat session nama, maka yang tampil adalah “Tidak ada data dalam session.”.

Selanjutnya kita coba mengakses route “session/buat“.

membuat session pada laravel

membuat session pada laravel

Maka akan muncul pesan “Data telah ditambahkan ke session”. berarti sekarang session nama sudah berisi dengan “Diki Alfarabi Hadi”, sesuai yang kita perintahkan pada method buatSession() dalam controller TesController.php sebelumnya.

Coba kita lihat hasilnya ya, jalankan kembali route ‘session/tampil’. untuk melihat isi session nama.

belajar session laravel

belajar session laravel

Oke mantap. sekarang kita telah mempunyai data pada session nama.

Sekarang kita coba hapus data yang ada pada session nama. kita jalankan route ‘session/hapus‘.

menghapus session pada laravel

menghapus session pada laravel

Seperti yang kita perintah pada method hapusSession(), yaitu menghapus isi session nama, maka sekarang session nama sudah kosong kembali. kita periksa kembali isi session nama. akses route ‘session/tampil‘.

Session Laravel

Maka sekarang data session nama sudah berhasil kita hapus.

Penerapan Session Pada Laravel

Setelah selesai membahas cara membuat session di laravel, menghapus dan menampilkan session di laravel, mudah-mudahan penjelasannya bisa dipahami dengan mudah. karena tidak sulit dan penggunaannya pun masih sama seperti pada penggunaan session pada php native.

Untuk penerapannya, teman-teman bisa kembangkan lagi dan silahkan teman-teman terapkan pada project aplikasi teman-teman yang menggunakan laravel. sesuai dengan proses alur yang kira-kira menurut teman-teman membutuhkan session. seperti login, add to cart dan lain-lain.

Oke sekian dulu tutorial session di laravel. sampai di sini kita telah selesai mempelajari cara membuat session pada laravel, cara menampilkan atau melihat session pada laravel, dan cara menghapus session pada laravel.

Untuk tutorial membuat login secara manual dengan session laravel akan kita bahas pada tutorial laravel selanjutnya.

Baca juga : Membuat Login Dengan mudah dan cepat pada laravel.

Untuk dokumentasi tentang session laravel dari situs resmi laravel, teman-teman bisa membacanya di sini.

 

 

Incoming search terms:

  • belajar sessio laravel
  • cara membuat session di laravel
  • sessionlaravel malasngoding
  • session pada laravel
  • session if pada laravel
  • buat session laravel
  • tutorial laravel #32 malasngoding
  • deklarasi session dan menampilkan di laravel
  • login session laravel
  • membuat session di laravel?



Diki Alfarabi Hadi

Coding enthusiast. Someone who love learn something new. especially about web programming and web design. happy to share about knowledge and learn from other.

TUTORIAL MENARIK LAINNYA

action url laravel
laravel localization
Diskusi
2 Komentar
  • eddie wibowo 6 months ago

    Sangat bagus, jelas dan sangat mudah dipahami.
    Saran untuk ditambahkan link daftar postingan yang terkait, dibawah postingan atau pada sidebar agar tidak perlu kembali keluar atau membuka beberapa tab 🙂 jadi tinggal klik klik saja untuk melanjutkan membacanya. Secara keseluruhan sangat bagus. nyesel kenapa gak daridulu nemu situs ini 😀

  • Tutorial Laravel #33 : Notifikasi Dengan Session Laravel – Malas Ngoding 6 months ago

    […] kita pelajari pada tutorial laravel ini masih berhubungan dengan session pada laravel. hanya saja session yang dipelajari adalah salah satu fitur atau fungsi dari session laravel. yaitu […]