Belajar CSS Pengertian dan pengenalan css

Belajar CSS Part 1 : Pengertian dan Pengenalan CSS


Belajar CSS Pengertian dan Pengenalan CSS

CSS merupakan singkatan dari ” Cascading Style Sheets “. sesuai dengan namanya CSS memiliki sifat ” style sheet language ” yang berarti bahasa pemrograman yang di gunakan untuk web design. CSS  adalah bahasa pemrograman yang di gunakan untuk men-design sebuah halaman website. dalam mendesign halaman website CSS menggunakan penanda yang kita kenal dengan id dan class. seperti yang sudah kita pelajari tentang pengenalan id dan class pada tutorial edisi belajar HTML dasar di www.malasngoding.com.

seiring berkembang nya dunia pemrograman dan teknologi, CSS tidak cuma di gunakan di HTML dan XHTML saja. tapi sudah bisa di gunakan untuk mendesign tampilan aplikasi android. CSS di akses menggunakan id atau class. untuk contoh penulisannya perhatikan pada contoh berikut ini. untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan pada tutorial selanjutnya di tutorial belajar CSS dasar di www.malasngoding.com.

Fungsi dan Kegunaan CSS

CSS dapat mengubah font, ukuran font, warna dan format font. mengatur ukuran layout, lebar tinggi dan warna element, mengubah tampilan form, membuat halaman website yang responsive dan masih banyak lagi yang dapat di lakukan oleh css yang tidak akan habis saya tuliskan semuanya di tutorial belajar CSS dasar ini.

Untuk men-desain font dapat dilakukan dengan mendefinisikan font , untuk mengatur warna bisa menggunakan color, margins digunakan untuk mengatur jarak pada luar element tertetu. mengatur warna atau gambar pada latar belakang bisa menggunakan background. mengatur ukuran font gunakan font size.jenis font menggunakan font-family dan banyak lagi lainnya.

Cara Penggunaan CSS

File css di simpan dengan ekstensi .css. kemudian di import atau di hubungkan kedalam file HTML atau PHP yang ingin kita design dengan CSS menggunakan syntax berikut ini.

dengan tag link seperti di atas di gunakan untuk menghubungkan file html dengan file css. syntax di atas di letakkan pada file html. pada atribut rel dan type di tag link di atas di gunakan untuk mendefinisikan bahwa yang di panggil atau yang di hubungkan adalah file Style sheet atau css. kemudian atribut href di gunakan untuk meletakkan letak file css. pada contoh di atas file style.css terletak satu folder atau direktori dengan file html yang di tambahkan syntax di atas.

jika file css terletak di luar folder maka bisa menghubungkanya dengan

jika file css terletak dalam sebuah folder. katakan saja nama foldernya adalah ” assets “. maka untuk menghubungkannya

sekian lah tutorial dasar tentang belajar css pengertian dan pengenalan CSS. untuk selanjutnya akan di jelaskan pada tutorial belajar CSS dasar pada postingan selanjutnya di www.malasngoding.com.

Incoming search terms:

  • belajar css 1
  • pengenalan css




About the author
Diki Alfarabi Hadi

Bos in www.malasngoding.com. Coding enthusiast. Someone who love learn something new. especially about web programming and web design. happy to share about knowledge and learn from other.


Discussion
  • 4 Comments

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *