struktur project android studio

Android Studio Part 2 : Struktur Project Android Studio


Struktur Project Android Studio

Assalamualaikum,

Pada artikel android studio kali ini saya akan membahas materi struktur project android studio. Ketika kita membuat sebuah project aplikasi dengan android studio, kita akan mendapatkan beberapa paket, folder dan file yang ada dalam proejct tersebut.

Untuk dapat kita lihat struktur project tersebut, terlebih dahulu kita harus membuat project dengan android studio. Nah, bagaimana membuatnya ?. Saya rasa sangatlah gampang, tinggal kita create project dan isikan nama project yang akan kita buat. Untuk lebih jelasnya, berikan saya screenshoot cara membuat project dengan android studio.

  1. buka dulu aplikasi android studio. setelah itu akan muncul seperti gambar berikut :
    Struktur Project Android Studio

    membuat project dengan android studio

    2. Pilih start a new android studio project, setelah itu akan tampil seperti gambar berikut :

    Struktur Project Android Studio

    membuat projetc dengan android studio

    3. Isikan nama dan tekan tombol next, selanjutnya akan di alihkan ke halaman berikutnya seperti gambar berikut :

    Struktur Project Android Studio

    membuat projetc dengan android studio

    4. centang pada phone and tablet (ini karena kita akan membangun aplikasi yang digunakan untuk handphone dan tablet) dan pilih minumum SDK, kalo disini saya menggunakan minimum SDK nya API 15 Android 4.0.3 (artinya fitur aplikasi yang kita buat, support untuk android v 4.0.3 ke atas). selanjutnya tekan tombol NEXT dan anda akan dialihkan ke halaman berikutnya

    Struktur Project Android Studio

    membuat projetc dengan android studio

    4. Pada tahapan ini, kamu akan diminta untuk memilih template yang akan kita gunakan dalam membangun aplikasi. nah, karena kita akan memulai dari dasar, jadi saya sarankan untuk memilih temlplate Empty Activity. dan selanjutnya tekan NEXT.

    Struktur Project Android Studio

    membuat projetc dengan android studio

    5. Tahap terakhir dalam membuat project dengan android studio ini adalah kita akan mengisikan nama activity yang akan kita gunakan. namanya terserah, namun saya disini tidak mengubahnya. dan setela itu tekan Finish dan tunggu beberapa saat.

    Struktur Project Android Studio

    membuat projetc dengan android studio

    8. Membuat project dengan android studio sudah selesai.

Struktur Project Android Studio

Berikut gambar beserta penjelasan dari struktur project android studio :

Struktur Project Android Studio

Struktur Project Android Studio

  1. Manifest (app/manifest/AndroidManifest.xml )
    Folder pertama manifest yang berisikan file AndroidManifest.xml, file ini berisikan komponen dari aplikasi seperti activity, services, user permission,  content provider, dan lain-lain.
  2. Java  (app/packagename/MainActivity.java)
    folder kedua yaitu java yang berisikan file-file yang yang berisi perintah-perintah yang berektensikan java, dan didalamnya juga ada file class activity java yang ada dalam aplikasi.
  3. res
    Folder ini berisi drawable, layout, mipmap dan values. Drawable berisikan kumpulan gambara yang akan kita gunakan dalam aplikasi. Layout merupakan tempat dimana file desain layout aplikasi ini berada. Mipmap berisikan icon yang akan kita gunakan pada aplikasi, dan values yaitu tempat untuk menyimpan file seperti colors(deklarasi warna yang akan kita gunakan), string (berisi deklarasi data berupa teks yang akan kita gunakan untuk komponen aplikasi), dan styles (berisi resource tentang tema seperti nama toolbar).
  4. Gradle
    Merupakan build tool yang digunakan untuk menjalankan aplikasi android studio. Pada file buil.gradle digunakan untuk identifikasi versi OS, SDK, dan library yang akan kita gunakan dalam membangun aplikasi,

Untuk isi dari masing-masing struktur yang sudah di jelaskan dia atas dapat kamu lihat sendiri pada project android kamu. raya rasa sekian dulu tutorial android studio part 2 dengan judul struktur project android studio. Kita lanjut lagi ke materi selanjutnya untuk cateogry android studio.

terima kasih

Incoming search terms:

  • fungsi file xml pada android
  • fungsi file xml dalam program android ?




About the author
Muzanni

Love Mobile Development


Discussion
  • One Comment

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CENTANG untuk bisa mengirimkan komentar. [ Verifikasi bukan robot ]