membuat intent di android

Android Studio Part 6 : Membuat Intent Di Android


Membuat Intent Di Android

Membuat Intent Di Android – Assalamualaikum,
Pada tutorial android studio part 6 ini akan di bahas membuat intent di android. Apa itu intent ? intent merupakan sebuah class di android yang salah satu fungsinya sebagai perpindahan halaman. Jadi intent ini yang menjembatani proses perpindahan dari activity 1 ke activity lainnya.

Membuat Intent Di Android

Dalam pemrograman android, ada dua komponen yang sangat penting yaitu Activity dan Intent. Dua komponen ini merupakan element dasar yang ada pada semua aplikasi android. Hampir semua aplikasi android menggunakan lebih dari satu activity di dalamnya, salah satu contohnya activity splashscreen, MainActivity, AboutActivity, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, pada tutorial ini Saya akan membuat sebuah aplikasi penggunaan intent yang diterapkan kedalam tiga activity. perhatikan contoh kasus berikut :

Langkah pertama buat dulu tampilan MainActivity seperti beikut :

Membuat Intent Di Android

Membuat Intent Di Android

Untuk source main_activity.xml seperti berikut :

Dalam contoh ini ada tiga activity yang akan Kita gunakan yaitu MainActiviy, LoginActivity, RegisterActivity. Sebelum kita melanjutkan ke fungsi ke activity selanjutnya terlebih dahulu kita harus membuat activity tersebut, caranya pun sangat gampang, pilih file di menu bar -new – activity – dan pilih jenis activity yang akan digunakan.

Membuat Intent Di Android

membuat activity

Activity sudah siap kita buat, dan selanjutnya membuat inten (ketika tombol di klik akan di alihkan ke activity ini).
Buka MainActivity.java dan sesuaikan syntak nya seperti ini :

Sebelum membuat intent untuk selanjutnya, terlebih dahulu kita mendeklarasikan tombol yang ada di mainactivity, cara deklarasinya :

seelah itu kita perlu inisial masing-masing tombol tersebut, caranya

Selanjutnya buat sebuah fungsi tombol, dengan menambahkan method .setOnClickListener, jadi fungsi method ini memberikan perintah apa yang di lakukan ketika tombol di klik. Di android studio sendiri sangat memudahkan kita dalam pengetikan, karena akan di rekomendasi langsung sama android studionya. Nah, untuk membuat fungsi tombolnya sendiri seperti code berikut :

Saya rasa Intent untuk masing-masing halaman sudah bisa di alihkan, tinggal kita akan mendesain halaman-halamn tersebut. beikut source untuk masing-masing halaman (RegisterActivity, LoginActivity)

Source activity_register.xml

RegisterActivity.java

source activity_login.xml

LoginActivity.java

hasil dari aplikasi di atas dapat dilihat di demo berikut : LIHAT DEMO

Saya rasa sekian dulu tutorial android part 6 dengan materi Membuat Intent Di Android, Kita berjumpa kembali di tutorial android studio selanjutnya.

Incoming search terms:

  • cara membuat intent




About the author
Muzanni

Love Mobile Development


Discussion
  • No Comment

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CENTANG untuk bisa mengirimkan komentar. [ Verifikasi bukan robot ]