Tutorial Laravel #29 : Hashing Pada Laravel


Hashing Pada Laravel – Selamat datang kembali di www.malasngoding.com. pada tutorial laravel part ke 29 ini, kita masih belajar laravel dari dasar sampai mahir lengkap. pada tutorial laravel ini kita akan belajar tentang Hash.

Di sini hash digunakan untuk mengamankan password pengguna pada aplikasi atau website yang kita buat. termasuk pada website atau aplikasi yang dibuat dengan menggunakan laravel.

Hashing Pada Laravel

Ada 2 hasing yang sudah ada pada laravel. yaitu Bcrypt dan Argon2. jika kita menggunakan sistem login atau authentication default bawaan dari laravel, laravel menggunakan Bcrypt untuk merahasiakan data password user.

Silahkan teman-teman lihat kembali pada tutorial membuat login dan register laravel yang sudah kita bahas pada tutorial sebelumnya. tentu di sana laravel sudah menerapkan enkripsi hash pada bagian password user. dan laravel menggunakan Bcrypt secara default.

Untuk pengaturan hash pada laravel, teman-teman bisa mengubahnya pada file config/hashing.php.

mungkin teman-teman tidak ingin menggunakan hash default laravel yaitu Bcrypt, teman-teman bisa mengubahnya pada folder config dan file hashing.php.

Penggunaan Hashing Pada Laravel

Cara membuat hash untuk password, kita bisa menggunakan atau memanggil Facade Hash terlebih dulu.  beru kemudian kita bisa menggunakan method make() untuk membuat hash nya.

Saya buatkan contoh sederhananya, misalnya kita ingin membuat atau meng-generate data password ke dalam bentuk hash menggunakan laravel.

Silahkan teman-teman sediakan sebuah controller, di sini saya menggunakan controller dengan nama DikiController.php. dan buat route baru untuk mengakses method pada DikiController.php.

app/routes/web.php

nah, pada saat route ‘/hash’ diakses, maka kita akan menjalankan method hash() dari controller DikiController.php. maka sekarang kita buat method baru dengan nama hash() dalam controller DikiController.php.

Ingat, setiap kali kita ingin membuat hash pada laravel ini, kita harus memanggil facade Hash, agar kita bisa membuat hash dengan laravel, seperti pada contoh di atas.

Pada contoh di atas, saya mencoba meng-generate password dari string “halo123”. kemudian kita tampilkan hasilnya.

Sekarang jalankan project laravel kita.

php artisan serve

dan akses route localhost:8000/hash

maka hasilnya seperti berikut.

Hashing Pada Laravel

Hashing Pada Laravel

hash tersebut akan terus berubah setiap kali di reload.

Membuat Verifikasi Hash Pasword

Ada saat nya kita ingin membuat login sendiri tanpa menggunakan fitur Auth dari laravel. nah kita bisa menggunakan cara ini untuk memverifikasi data password yang dimasukkan oleh pengguna dengan data password yang ada pada database kita. Hashing Pada Laravel.

Baca juga : Encrypt dan Decrypt Pada Laravel

Cara ini bisa kita gunkana untuk membuat login manual dengan laravel. kita bisa menggunakan method check(). diisi dengan password yang dimasukkan uder pada parameter pertama, dan data password yang ada pada database (atau password yang sudah di hash sebelumnya) pada parameter kedua.

Cukup sederhana sekali.

Jika teman-teman ingin membaca panduan Hashing dari dokumentasi laravel, teman-teman bisa membaca nya di sini.

Terima kasih banyak sudah membaca tutorial Hashing pada laravel. semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. dan mari kita lanjutkan pada tutorial laravel selanjutnya.

 

Incoming search terms:

  • cara mengunakan bycrpty di laravle
  • if hash example laravel



Diki Alfarabi Hadi

Coding enthusiast. Someone who love learn something new. especially about web programming and web design. happy to share about knowledge and learn from other.

TUTORIAL MENARIK LAINNYA

action url laravel
laravel localization
Diskusi
Tidak Ada Komentar

Tulis Komentar / Pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *