Tutorial Python # 5 : Syntax Dasar Python


syntax dasar python

Syntax Dasar Python – Setiap bahasa pemrograman memiliki penulisan syntax (code) yang berbeda-beda meskipun ada baberapa yang hampir sama. Begitu juga penulisan syntax python yang memiliki teknik penulisan tersendiri. Pada materi ini akan kita bahas bagaimana sih penulisan syntax dan aturan-aturan dalam penulisan code pada bahasa python.

Syntax Dasar Python

Python dikenal dengan  bahasa yang memiliki code program yang sederhana dan mudah untuk di pahami. Sesuai dengan Filosofi yang terdapat di PEP 20 Yaitu Syntax bahasa python harus mudah di baca oleh manusia. pada materi ini penulis ingin membahas Syntax dasar dan aturan-aturan dalam penulisan code python.

Penulisan Syntax Dasar Python

jika dibandingkan bahasa pemrograman C++, Java, pascal dan sebagainya, python memiliki code program yang lebih sederhana. coba perhatikan contoh dari code program berikut yang menggunakan jenis bahasa pemrograman yang berbeda :

Dari tiga contoh code program diatas (C++, Java, Python) bisa kita lihat bahwa code python lebih sederhana dan mudah dipahami jika dibandingkan kedua jenis bahasa pemrograman.

Contohnya untuk menampilkan “hallo, word”, python hanya membutuhkkan satu barisa saja, sedangkan dua bahasa yang lain membutuhkan beberapa baris code.

Statement di Pyhton

Statement  (pernyataan) merupakan semua baris perintah yang dieksekusi oleh python, contohnya a=”muzanni”, a adalah statement penugasan dengan nilai didalamnya”muzanni“.

Selain statement penugasan, ada juga stetement pengecekan (IF) dan perulangan (FOR) dan lain-lain, untuk pembahasannya akan di bahas selanjutnya.

berikut contoh beberapa penulisan jenis statement yang sering digunakan dalam bahasa python :

Syntax Dasar Python

statement multibaris

Maksud dari statement multibaris ini adalah satu buah statement bisa buat ke dalam beberapa baris dengan catatan setiap baris di akhiri dengan tanda backslash(\), bisa di lihat di contoh diatas.

Aturan Umum Penulisan Syntax Dasar Python

Bahasa python tidak menuntut banyak aturan dalam penulisan code(syntax)nya, hanya saja memeng ada beberapa aturan yang dalam penulisan syntaxnya, yaitu  :

  1. Case sansitive, artinya : bahasa python menganggap huruf besar dan kecil itu berbeda. Contohnya : Nama, berbeda dengan nama.
  2. baris perintah python boleh untuk tidak diakhiri dengan tanda titik koma (;) dan boleh juga untuk menggunaakn titik koma, ini tidak berpengaruh sama sekali
  3.  boleh menggunakan tanda petik satu (‘ ‘), tanda petik dua (” “) atau tanda petik tiga (“”” “””), contohnya

    Syntax Dasar Python

    aturan penulisan syntax python

Komentar pada python

Sama halnya dengan bahasa pemrograman lainnya tentang komentar, fungsinya untuk memberikan keterangan untuk code tertentu, fungsi lain ketika kita sedang mencari error pada sebuah aplikasi.

pada bahasa python komentar ditandai dengan tanda pagar (#), komentar tidak akan di proses oleh interpreted python.

Penggunaannya yang banyak bisa memberatkan aplikasi yang kita bangun. jadi saran penulis berbijaklah dalam menggunakan komentar pada code program.

oke, sekilan dulu Tutorial Python # 5 : Syntax Dasar Python, kita lanjutkan ke materi berikutnya dengan tema tipe data pada python. Jika ada yang kuran jelas dengan materi ini, silahkan komentar dalam kolom komentar di bawah. Terimakasih 🙂

Incoming search terms:

  • apa sintak dasar dari python
  • Apa saja Aturan Penulisan Sintaks pada Bahasa Pemrograman Python?
  • aturan print dalam python
  • cara mudah susun python
  • contoh syntax penggunaan bahasa python
  • full syntax bahasa python
  • kode program/perintah dasar python
  • kode program/perintah dasar python class product
  • menulis phyton dari
  • perintah dasar python



Muzanni

Algorithms Learner, future lecturer and Happy to sharing about knowledge

TUTORIAL MENARIK LAINNYA

tipe data dictionary python
tipe data set python
Tipe data tuple python
tipe data list python
Diskusi
Tidak Ada Komentar