Tutorial Laravel #14 : Seeding dan Faker Pada Laravel


Seeding dan Faker Pada Laravel

Seeding dan Faker Pada Laravel – Halo teman-teman. selamat datang kembali di seri tutorial laravel bahasa indonesia lengkap untuk pemula. dari dasar hingga mahir laravel.

Tutorial Seeding dan Faker Pada Laravel ini merupakan tutorial lanjutan dari tutorial laravel sebelumnya di www.malasngoding.com. yuk langsung simak.

Seeding dan Faker Pada Laravel

Seeding pada laravel adalah sebuah fitur untuk mengisi data pada database dengan data sembarang. atau data testing.

Karena pada saat kita melakukan pengembangan pada aplikasi atau sistem informasi, pasti kita memerlukan beberapa data sebagai contoh untuk di olah pada aplikasi kita.

Misalnya pada saat kita membuat sistem informasi akademik, atau sistem informasi kepegawaian. pasti kita memerlukan beberapa contoh data yang kita input asal-asalan di table pegawai. untuk contoh saja.

Nah, di laravel, sudah ada yang namanya seeding. dengan seeding laravel kita bisa menginput data ke database dengan cepat. menggunakan fitur perintah php artisan yang ada pada laravel.

Jadi kita tidak perlu repot-repot lagi menginput data testing nya ke database dengan cara manual. apalagi misalnya jika ada banyak sekali data testing yang perlu kita input ke database. pasti sangat tidak efektif dan akan menyita banyak waktu kita.

Sudah terbayang kan bagaimana kegunaan dari fitur seeding yang diberikan laravel ini ?

Kita juga akan belajar tentang menggunakan library Faker yang sudah di terapkan di laravel. penjelasan Faker kita bahas setelah membahas Seeding.

Yuk langsung kita mulai contoh penggunaannya.

Mengenal Seeding pada Laravel dan Cara Penggunaannya

Untuk menggunakan fitur seeding ini, kita bisa membuat class seeder nya dulu dengan perintah php artisan.

Disini kita masih menggunakan project belajar_laravel yang sudah kita buat pada tutorial sebelumnya. dan kita menggunakan database belajar_laravel dan tabel pegawai yang sudah kita buat pada tutorial membuat CRUD dengan laravel pada part sebelumnya.

seeder dan faker pada laravel

seeder dan faker pada laravel

Atau silahkan teman-teman buat database belajar_laravel dan tabel pegawai. dan sesuaikan seperti pada contoh di atas.

Karena di sini kita akan membuat penginputan data testing ke table pegawai. dengan menggunakan seeder dari laravel.

Oke yuk langsung kita mulai membuat seedingnya. buka terminal atau CMD teman-teman. masuk ke direktori project belajar_laravel nya.

Kemudian ketik perintah berikut.

membuat seeder laravel

membuat seeder laravel

Maka akan dibuat sebuah file seeder PegawaiSeeder.php nya secara otomatis. letaknya ada di belajar_laravel/database/seeds/PegawaiSeeder.php.

Kemudian buka file PegawaiSeeder.php nya. di file PegawaiSeeder.php tersebut sudah otomatis di isi dengan class PegawaiSeeder. yang meng-extends class Seeder dari laravel.

belajar_laravel/database/seeds/PegawaiSeeder.php

perintah untuk menginput data ke table pegawai bisa kita tulis dalam method run() tersebut.

ketik syntax berikut dalam method rund().

Pada method run tersebut kita memerintahkan untuk menginput data testing pegawai dengan nama joni, jabatan web designer, umur 25, dan alamat nya jl. panglateh. ke dalam table pegawai. Seeding dan Faker Pada Laravel.

Cara menjalankan fungsi/method run() ini untuk menginput data testing ini kita bisa menggunakan perintah php artisan berikut.

Maka data si joni tadi yang kita buat sebagai data testing akan tersimpan ke tabel pegawai.

insert data dengan database seeder laravel

insert data dengan database seeder laravel

Nah, sekarang data di joni sudah berhasil tersimpan.

Tadi kita menggunakan perintah seeder dengan membuat detail bahwa data seeder yang ingin kita jalankan adalah class atau file PegawaiSeeder.php.

Jika kita menggunakan perintah seperti berikut. maka semua file seeder akan dijalankan.

Sampai di sini pasti teman-teman sudah paham kan maksud dan kegunaan fitur seeding pada laravel.

Yups. salah satunya untuk membuat data testing di database dengan mudah, tanpa perlu menginput data secara menual ke database. dan cara ini bisa lebih efektif lagi jika misalnya kita memerlukan 10 atau bahkan 100 data pegawai sebagai data testing. kita bisa menggunakan menerapkan perulangan for pada PegawaiSeeder nya tadi.

Langsung kita praktekkan pada penggunaan Faker saja ya, biar sekalian. Seeding dan Faker Pada Laravel.

Pengertian dan Cara Menggunakan Faker pada Laravel

Sebelumnya saya jelaskan dulu apa itu Faker. kalau udah kenal pasti teman-teman akan sering menggunakan library yang satu ini ketika membuat aplikasi.

Faker adalah library PHP yang dibuat oleh Francois Zaninotto. Faker merupakan library yang berguna untuk membuat data palsu. Faker mampu meng-generate ratusan bahkan ribuan data testing secara acak. Faker berguna untuk membuat contoh data-data. misalnya kita memerlukan 20 data pegawai sebagai data testing di aplikasi yangs sedang kita bangun, maka kita bisa menggunakan Faker.

Faker akan meng-generate secara otomatis nama-nama pegawai. nama pegawai yang di generate oleh Faker pun bukan nama asal-asalan. datanya persis seperti data asli.

Jadi ibaratnya si Faker ini sudah menyediakan banyak sekali data untuk kita gunakan.

Penasaran ? yuk langsung kita coba.

Faker sendiri sebenarnya sudah diterapkan pada Laravel. jadi kita tinggal memanggil dan langsung menggunakan class si Faker ini saja.

Dokumentasi lengkap tentang Library PHP Faker ini bisa teman-teman baca di sini.

Dokumentasi lengkap penggunaan Faker di Laravel bisa teman-teman baca di dokumentasi laravel. di sini.

Cara Penggunaan Faker

Kita ambil contoh misalnya kita membutuhkan 50 data pegawai. yang akan kita jadikan sebagai data testing pada aplikasi yang sedang kita bangun.

dan sekarang kita akan membuat data pegawai dengan menggunakan Faker.

Buka file seeder PegawaiSeeder.php yang sudah kita buat tadi. dan ketik syntax berikut.

belajar_laravel/database/seeds/PegawaiSeeder.php

Perhatikan syntax di atas. untuk menggunakan Faker, yang pertama kali harus kita lakukan adalah memanggil class Faker. dan di sini kita mengubahnya sebagai Faker. agar lebih singkat saat kita tuliskan perintahnya.

kemudian kita simpan perintahnya ke dalam variabel $faker

di dalam parameter create() bisa teman-teman isi kode negara sesuai keinginan. di sini saya mengisi dengan ‘id_ID’. sehingga nanti nya data-data yang di berikan oleh si Faker ini adalah data dari negara indonesia. misalnya namanya nama-nama orang indonesia.

kemudian untuk menampilkan data-data nama yang disediakan oleh Faker kita bisa menggunakan perintah $faker->name. menampilkan data alamat bisa menggunakan $faker->address. Jabatan bisa menggunakan $faker->jobTitle.

Dan pada bagian umur kita akan memerintahkan si faker untuk menampilkan data angka dari 25 sampai 40. $faker->numberBetween(25,40).

Di sini kita menggunakan perulangan for sebanyak 50 kali. agar si faker ini menampilkan 50 data.

Sekarang coba kita jalankan seeder PegawaiSeeder.php ini lagi dengan perintah php artisan. maka Faker akan membuatkan 50 data pegawai untuk data testing kita. dan terinput ke table pegawai.

ketik lagi perintah seeder nya.

Maka faker akan membuatkan kita 50 data pegawai. sesuai dengan yang kita perintahkan tadi pada PegawaiSeeder.

membuat data dengan faker di laravel

membuat data dengan faker di laravel

Seperti yang terlihat pada gambar table pegawai di atas. kita telah memiliki banyak data pegawai sekarang.

ya walaupun saya tidak tahu jenis jabatan pegawai yang dibuat oleh si Faker ini. hahaha. tidak apa-apa. yang penting kita telah tau cara menggunakan dan kegunaan faker di laravel.

Oke teman-teman. sekian dulu tutorial Seeding dan Faker Pada Laravel. semoga bermanfaat dan silahkan teman-teman explore lagi lebih jauh.

Baca panduan Faker di sini.

 

Incoming search terms:

  • belajar seeder laravel
  • Seed database di laravel data indonesia
  • Seeder disini
  • seeding adalah
  • seeding pada laravel



Diki Alfarabi Hadi

Coding enthusiast. Someone who love learn something new. especially about web programming and web design. happy to share about knowledge and learn from other.

TUTORIAL MENARIK LAINNYA

action url laravel
laravel localization
Diskusi
1 Komentar
  • Tutorial Laravel #38 : Export Excel Laravel – Malas Ngoding 2 months ago

    […] sampelnya, teman-teman bisa membuatnya seperti yang sudah diajarkan sebelumnya yaitu menggunakan seeder dan faker laravel. dan juga menggunakan […]


Tulis Komentar / Pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *