Tutorial Python # 4 : Keyword dan Identifier Pada Python


keyword dan identifier python

Keyword dan Identifier – Lanjutan dari materi kemarin cara menjalankan file python, pada materi ini akan dikupas tuntas apa sih itu keyword dan indentifier yang digunakan dalam bahasa python serta contoh penggunaan keyword dan identifier pada bahasa python.

Keyword dan Identifier

salah satu materi dasar yang perlu kita pahami, dikarenakan kita akan banyak menggunakan keyword dan identifier dalam membuat aplikasi menggunakan bahasa python nantinya. Jadi sudah seharusnya untuk benar-benar kita pahami tentang materi ini.

Keyword (kata kunci) pada python

Yang dimaksud keyword (kata kunci) merupakan kata kunci yang sudah ditetapkan oleh bahasa python untuk mendefinisikan code program dan struktur bahasa python itu sendiri. Kata kunci yang sudah dipersiapkan tidak bisa digunakan sebagai nama variabel, nama fungsi maupun nama untuk pengenal lainnya.

Keyword pada bahasa python bersifat case sensitive (huruf kapital dan huruf nomina) itu dianggap berbeda. sejauh ini ada 33 keyword yang digunakan dalam bahasa python dan pada umumnya keyword tersebut menggunakan huruf nomina/huruf kecil. Kecuali True, False, dan None. Berikut adalah daftar 33 keyword yang digunakan dalam bahasa python :

False None True and as assert break class continue def
del elif else except finally for from global if import
in is lambda nonlocal not or pass reise return try
while with yield

Untuk melihat list keyword menggunakan mode interuptif pada bahasa python dengan cara berikut :

  • >> import keyword, (digunakan untuk mengimport/mengambila data keyword yang disediakan)
  • >> print (keyword.kwlist), mencetak keyword yang disediakan)

    Keyword Pada Python

    print (keyword.kwlist)

  • >> help (keyword.kwlist), mengakses bantuan penulisan

    Keyword Pada Python

    help (keyword.kwlist)

  • >> dir (keyword)

    Keyword Pada Python

    dir (keyword)

Identifier (pengenal) pada python

Identifier (pengenal) merupakan nama yang diberikan untuk mengidentifikasi seperti variabel, fungsi, kelas dan lain sebagainya. Fungsi dari identifier sendiri adalah untuk membedakan antara entitas yang satu dengan entitas lainnya. Ada aturan-aturan tertentu dalam penulisan pengenal pada bahasa python.

Aturan penulisan identifier

Dalam penulisan edintitas (identifier), ada beberapa aturan yang lebih baik dipatuhi. Adapaun aturan penulisan identifier adalah sebagai berikut :

  1. Penamaan bisa terdiri dari kombinasi huruf kapital (A-Z) atau huruf nomina (a-z), angka (0-9) maupun underscore (_). contohnya : nama_siswa, Kelas_siswa,dan lain sebagainya
  2. Penamaan tidak boleh menggunakan angka diawal contohnya 1nomo (ini tidak dibolehkan)
  3. Kata kunci bahasa python tidak dibolehkan untuk dijadikan pengenal
  4. Karakter spesial seperti !, @, %, $, dll tidak bisa digunakan dalam identifier
  5. Indetifier bersifat case sensitive, artinya huruf kapital, nomina itu dianggap berbeda, contohnya nama, Nama, dan NAMA ini dianggap 3 buah identifier

Perlu diingatkan bahwa dalam penamaan (identifier) bagusnya menggunakan nama yang deskriptif. Hal ini memudahkan kita dalam mengingat penamaan, contohnya nm=”Muzanni” adalah benar, hanya saja ini tidak deskriptif, bagusnya dalam penamaan menggunakan nama=”Muzanni”.

Sekian dulu tutorial Tutorial python : Keyword dan Identifier, kita berjumpa lagi di tutorial bahasa python selanjutnya dengan materi syntax dasar python. Jika ada yang kurang mengerti atau kurang pembahasan dalam materi ini silahkan komentar di kolom komentar di bawah.

Incoming search terms:

  • kata kunci python web developer
  • cara menjalankan kondisi lanjutan setelah if else pada python



Muzanni

Algorithms Learner, future lecturer and Happy to sharing about knowledge

TUTORIAL MENARIK LAINNYA

tipe data dictionary python
tipe data set python
Tipe data tuple python
tipe data list python
Diskusi
Tidak Ada Komentar