mengenal kondisi if else pada java

Tutorial Java Part 8 : Penggunaan IF Dan ELSE Pada Java


Tutorial Java Part 8 : Penggunaan IF ELSE Pada Java

salam sahabat malasngoding, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan percabangan pada java. materi ini sempat tertunda pembahasannya karena pada materi sebelumnya sudah kita bahas beberapa contoh penyelesaian kasus pada java.

Penggunaan IF ELSE Pada Java – kita lanjutkan tutoral java part 7 : fungsi string. pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Penggunaan IF dan ELSE Pada Java. dalam bahasa pemograman, if dan else ini lebih dikenal dengan percabangan, dimana  suatu opsi akan dijalankan sesuai dengan pilihan, jika pilihan yang dipilih sesuai maka perintah IF akan di jalankan, dan sebaliknya jika tidak sesuai maka perintah ELSE yang akan di jalankan.

Penulisan IF dalam bahasa pemrograman java :

ok berikut contoh kasus penggunaan if :

Penggunaan IF Dan ELSE Pada Java

Penggunaan IF

pada contoh di atas, diketahui nilai a= 1, pada percabangan menggunakan if (jika nilai yang diketahui a=1) maka perintah yang akan di jalankan angka yang di masukkan benar. sedangkan jika angka yang diketahui tidak sama dengan yang pada percabangan maka perintah percabangan if tidak dijalankan. untuk lebih jelasnya perhatikan :

Penggunaan IF Dan ELSE Pada Java

Penggunaan IF

Penggunaan IF dan ELSE

Berikut contoh penulisan dan penggunaan IF dan ELSE pada java :

kondisi if akan di jalankan jikalau nilai yang diketahui sama dengan  kondisi. dan jika pernyataan tidak sesuai dengan dengan kondisi maka perintah else yang akan di jalankan. contoh kasusnya :

Penggunaan IF Dan ELSE Pada Java

Penggunaan IF Dan ELSE

pada contoh di atas, pernyataan yang dijalankan adalah else, ini karena nilai yang diketahui tidak sama dengan nilai yang ada dalam kondisi.

Penggunaan IF dan ELSE IF

IF dan ELSE IF ini digunakan ketika kondisi yang akan dicek lebih dari dua kondisi. berikut adalah contoh penggunaan dan penulisan IF dan ELSE IF pada java :

ok langsung ke contoh kasus IF dan ELSE IF pada java :

Penggunaan IF Dan ELSE Pada Java

penggunaan IF DAN ELSE IF

oke, selasai sudah pembahasan IF dan ELSE pada bahasa pemrograman java.

sebenarnya ada satu lagi jenis percabangan dimana fungsinya sama dengan IF dan ELSE IF. SWITCH-CASE, perbedaan dia sama IF dan ELSE IF hanya pada penulisan. Penulisan Switch-Case adalah :

berikut penerapan switch-case pada contoh kasus berikut :

Penggunaan IF Dan ELSE Pada Java

Penggunaan Switch-Case pada java



Penggunaan IF Dan ELSE Pada Java

Penggunaan Switch-Case

ok sekian dulu pembahasan kita Penggunaan IF Dan ELSE Pada Java, kita lanjutkan pada tutorial Java selanjutnya. terima kasih.

Incoming search terms:

  • mengenal if pada java
  • penggunaan if else pada java
  • tutoral pemograman




About the author
Muzanni

love mobile development


Discussion
  • No Comment

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *