membuat login dengan php dan mysql

Membuat Form Login Dengan PHP dan MySQL


Membuat Form Login Dengan PHP dan MySQL

Login adalah proses yang paling penting dan paling di utama kan pada sebuah website, aplikasi yang berbasis website maupun aplikasi lainnya yang membatasi akses oleh user agar tidak dapat mengakses bagian dalam sistem misalnya seperti bagian dari admin. oleh karena itulah login di gunakan sebagai pengaman dari data-data atau masing-masing akun. jika sebuah website tidak memiliki proses login maka semua orang akan dapat mengakses halaman admin dan dapat dengan bebas untuk ngupdate postingan, menghapus postingan atau bebas ngacak-ngacak isi dari website. dan contoh lainnya coba bayangkan bagaimana jadi nya kalau akun facebook kita dapat di akses oleh semua orang tanpa harus login. oleh sebab itu login sangat penting pada website maupun semua aplikasi untuk menjaga keamanan dari akses luar.

untuk lebih mengamankan proses login kita akan menambahkan enkripsi md5 pada password untuk lebih memberikan keamanan yang lebih. jadi misalnya ada yang mengambil database dan table yang menyimpan data username dan password anda maka agak lebih sedikit aman karena akan sulit untuk mengetahui password yang sudah di enkripsi dengan md5. oke langsung saja kita akan belajar cara membuat form login dengan php dan mysql secara bertahap step by step agar lebih di pahami oleh anda yang baru mulai belajar membuat login dengan php, mysql dan bantuan enkripsi md5 untuk keamanan enkripsi password nya. Membuat Form Login Dengan PHP dan MySQL

Cara Membuat Form Login Dengan PHP dan MySQL

baiklah di sini saya akan jelaskan tentang cara membuat form login standart dulu ya tanpa menggunakan enkripsi md5, maksud standart yang saya maksud ini iyalah tidak menggunakan enkripsi md5. agar lebih mudah teman-teman pahami. dan pada tahap selanjutnya pada tutorial ini juga akan saya bahas cara membuat form login dengan php dan enkripsi md5. baiklah untuk persiapan di sini sudah saya siapkan database dengan nama malasngoding. dan sebuah table yang berisi tiga colum yaitu id,username dan password. data username admin yang akan login kita simpan pada username dan data password kita simpan pada password. silahkan anda import sendiri ini table adminnya. jangan lupa buat database dengan nama malasngoding dulu dan kemudian baru import table admin berikut ini.

setelah selesai di import

Membuat Form Login Dengan PHP dan MySQL

sampai pada tahap ini berarti database dan table admin sudah siap untuk di gunakan membuat form login dengan php. langkah selanjutnya kita akan membuat tampilan form login sederhana.

Membuat Form Login Sederhana

buat folder baru untuk project baru ini. di sini saya membuat folder dengan nama login di localhost untuk membuat contoh cara membuat login dengan php dan mysql ini. selanjutnya buat sebuah file php untuk kita buat menjadi form loginnya. di sini saya membuat file php nya dengan nama index.php karena saya ingin form login ini tampil yang pertama saat di akses.

index.php

untuk tampilan form login ini kita buat yang paling sederhana saja dulu. karena tutorial ini kita fokuskan untuk pembelajaran tentang cara membuat form login dengan php dan mysql saja. untuk tutorial design form akan kita bahas juga pada tutorial kategori web design di malasngoding.com.

membuat halaman login dengan php

membuat halaman login dengan php

kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah buat sebuah file koneksi.php untuk menghubungkan project tutorial membuat login dengan php kita ini dengan database.

koneksi.php

perhatikan pada form login yang sudah kita buat, kita menentukan aksi dari form tersebut ke file login.php. sehingga secara otomatis halaman akan di alihkan ke halaman login.php pada saat tombol login di klik atau form di submit. jadi pada file login.php ini lah kita membuat aksi dari form, mulai dari menangkap data username dan password yang di ketikkan pada form sebelum di submit. kemudian mencocokkan username dan password yang di ketik dengan username dan password yang ada pada database. jika username dan password yang di ketik pada form login sesuai dengan yang ada di database berarti login sukses tetapi jika username dan password yang di input pada form login tidak sesuai dengan yang ada di database berarti login gagal karena username dan password yang di masukkan salah.

login.php

perhatikan login.php di atas. pertama kita hubungkan dulu dengan koneksi.php dengan menggunakan fungsi include atau require, di sini saya menggunakan include saja. include dan require sudah saya jelaskan pada tutorial php sebelumnya di malasngoding.com. klik di sini untuk membaca tutorial php sebelumnya tentang pengertian dan penggunaan include dan require pada PHP.

dan kemudian menangkap data username dan password yang di input pada form login lalu memasukkannya ke dalam variabel

kemudian lagi kita menggunakan fungsi mysql_query() untuk menjalankan syntax atau perintah mysql pada php. jadi mysql_query() adalah sebuah fungsi php yang berguna untuk menjalankan perintah mysql. perintah mysql dapat anda letakkan pada parameter fungsi mysql_query() seperti yang dapat teman-teman lihat pada contoh di atas.

di sini kita menjalankan perintah mysql untuk memilih atau mengambil data username yang sama dengan username yang di input dan password yang di input dari table admin. kemudian hasil query mysql ini kita hitung jumlah record yang di temukan dengan fungsi mysql_num_rows(). fungsi mysql_num_rows() adalah fungsi php yang berguna untuk menghitung jumlah record yang di temukan dari query mysql seperti yang dapat teman-teman sekalian lihat pada contoh di atas. nah, jadi apabila username dan password yang di input ada pada database maka nilai variabel $cek di atas akan berisi 1 dan jika tidak ada maka nilai pada variabel $cek adalah 0. dengan 1 dan 0 inilah yang akan kita jadikan pendeteksi apakah username dan password yang di input pada form login benar atau salah. jika benar berarti nilainya adalah 1 dan jika salah nilai nya adalah 0. pada contoh ini saya menampilkan isi nilai dari variabel $cek. tadi pada table admin kan berisi username dengan nama malasngoding dan passwordnya adalah malasngoding123. sekarang kita tes ya dengan memasukkan username dan password yang salah.

memasukkan username dan password yang salah

memasukkan username dan password yang salah

untuk mengetes memasukkan username dan password yang salah saya memasukkan username dengan nama andi dan password nya andi123. dan saat di klik login maka nilai yang muncul adalah 0, karena username andi dan password andi123 tidak di temukan pada table admin kita.

login php gagal

login php gagal

dan bagaimana jika kita memasukkan username dengan malasngoding dan passwordnya malasngoding123. maka akan muncul hasil nya 1 karena username malasngoding dan password malasngoding123 tersedia pada table admin kita.

login php berhasil

login php berhasil

nah muncul nilai 1 jika kita memasukkan username malasngoding dan password malasngoding123 pada form login. sampai di sini kita telah berhasil membuat form login yang sudah mampu mendeteksi username dan password yang salah atau benar sesuai dengan username dan password yang terdapat pada database.

apakah sudah selesai sampai di sini form login php kita ? tentu saja belum. selanjutnya kita akan membuat aksi pada jika username dan password yang di masukkan benar atau salah. jika username dan password yang di masukkan salah maka akan kita alihkan kembali ke halaman login. tetapi jika username dan password yang di masukkan benar maka akan kita buat session untuk si admin yang melakukan login. nah apa itu session ? session akan kita gunakan sebagai penanda apakah si admin yang melakukan login sudah dalam posisi berhasil login atau belum. jadi dengan session ini lah yang akan membantu kita dalam pemeriksaan user atau admin yang sudah login atau belum. jadi yang belum login akan kita alihkan pada halaman login dan yang sudah login langsung di alihkan ke halaman admin. jadi session php sangat berguna dalam proses membuat login.

tutorial membuat form login dengan php dan mysql ini akan kita lanjutkan pada part 2 di malasngoding.com. pada tutorial membuat form login dengan php dan mysql part 2 akan saya jelaskan sambungan dari tutorial ini di mana pada tutorial ini kita telah sampai pada tahap berhasil mendeteksi user/admin yang memasukkan username yang salah atau benar.

silahkan klik di sini untuk melanjutkan ke tutorial membuat login dengan php dan mysql part 2. pada tutorial selanjutnya.

Incoming search terms:

  • membuat login dengan php
  • membuat form login php mysql dengan session
  • membuat login php
  • membuat form login dengan php
  • cara membuat form login dengan php dan mysql
  • cara membuat login
  • membuat form login php
  • Cara membuat login php
  • cara membuat login di php
  • cara membuat form login dengan php




About the author
Diki Alfarabi Hadi

Coding enthusiast. Someone who love learn something new. especially about web programming and web design. happy to share about knowledge and learn from other.


Discussion
  • 9 Comments

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *