cara membuat form validasi dengan php

Cara Membuat Form Validasi dengan PHP


Cara Membuat Form Validasi dengan PHP

Cara Membuat Form Validasi dengan PHPForm validasi atau form validation, sangat di perlukan di dalam sebuah aplikasi. karena terkadang kita harus membuat sebuah form yang datanya wajib di isi. bisa itu semua form yang wajib di isi atau beberapa form saja wajib atau harus yang di isi. jika form tidak di isi maka akan muncul pesan peringatan bahwa form tersbut belum di isi dan harus di isi. itulah yang akan kita bahas di tutorial kali ini. silahkan teman-teman perhatikan penjelasan berikut ini tentang cara membuat form validasi dengan PHP.

Sebenarnya mudah saja membuat form validasi dengan PHP. teman-teman harus sudah paham dulu tentang penggunaan $_GET dan $_POST di dalam pengolahan form. atau form handling. silahkan teman-teman baca tutorial sebelumnya di www.malasngoding.com tentang pengolahan/penanganan form (Form Handling) dengan php.

Cara Membuat Form Validasi dengan PHP

Langsung saja mulai tentang cara membuat form validasi di php. pertama di contoh ini saya membuat sebuah file php dengan nama index.php. di file index.php ini saya membuat sebuah form yang mengharuskan untuk mengisi form tersebut.

index.php

cara membuat form validasi dengan php

cara membuat form validasi dengan php

 

coba teman-teman perhatikan pada form validation index.php. kita membuat pemprosesan form nya di cek.php, dengan menggunakan method post.

jadi sekarang kita akan membuat file cek.php untuk kita jadikan sebagai pemproses form validation yang kita buat. jadi nantinya di file cek.php ini akan kita buat pengecekan apakah form di isi atau tidak. jika form tidak di isi maka akan di munculkan pesan peringatan.

cek.php

seperti yang teman-teman lihat. pertama kita tangkap dulu data yang di kirim dari form. yaitu data nama. kemudian saya memasukkannya ke variabel. agar lebih mudah kita gunakan.

lalu kita cek apakah data yang di kirimkan dari form tersebut berisi atau tidak. jika form memiliki isi maka kita akan menampilkan nama anda adalah (nama yang di input). dan jika nama tidak di isi maka kita aligkan halaman kembali ke form (index.php). dengan membuat parameter nama=kosong. ini berguna untuk kita tampilkan pesan peringatan bahwa form tersebut harus di isi.

sekarang kita akan mencoba menjalankannya. kita langsung  klik cek tanpa mengisi form nama. maka akan di tampilkan pesan bahwa form nama harus di isi atau belum di isi.

menampilkan pesan error jika form tidak di isi

menampilkan pesan error jika form tidak di isi

Nah pesan bahwa form nama belum di isi atau di masukkan pun telah tampil. dari mana asal pesan ini? yap betul sekali. perhatikan di index.php

kita cek dulu apakah ada parameter yang di kirim melalui url. dan jika parameter nama sama dengan kosong makaakan di tampilkan pesan nama belum di masukkan.

cara membuat form validation dengan php

cara membuat form validation dengan php

dan coba kiita tes jika kita memasukkan nama.dan klik cek.

membuat form validation dengan php

membuat form validation dengan php

membuat form validasi dengan php

membuat form validasi dengan php

dan nama pun berhasil di tampilkan sesuai dengan yang di input pada form nama. Sekian dulu tutorial Cara Membuat Form Validasi dengan PHP. teman-teman bisa mengembangkannya lagi sesuai dengan keperluan dan keinginan. sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Incoming search terms:

  • membuat validasi form dengan php
  • cara membuat validasi
  • validasi form dengan php
  • cara membuat validasi form dengan php
  • validasi php
  • validasi form pada php
  • cara membuat validasi di php
  • coding validasi inputan
  • coding validasi
  • cara membuat validasi html




About the author
Diki Alfarabi Hadi

Bos in www.malasngoding.com. Coding enthusiast. Someone who love learn something new. especially about web programming and web design. happy to share about knowledge and learn from other.


Discussion
  • No Comment

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *