belajar php mengenal variabel pada php

Belajar PHP Part 4 : Mengenal Variabel Di PHP


Belajar PHP Mengenal Variabel Di PHP

Sampai pada artikel Belajar PHP Part 4 : Mengenal Variabel Di PHP setelah pada tutorial part 1 sampai part 3 anda sudah mengetahui bayangan-bayangan tentang apa itu PHP, cara penulisan PHP yang benar dan cara menginstall XAMPP dan menjalankan PHP di localhost. Pada tutorial Belajar PHP Part 4 : Mengenal Variabel Di PHP ini kita akan belajar tentang mengenal apa itu variabel dan bagaimana cara penulisan variabel pada bahasa pemrograman PHP.

Pengertian Variabel Pada PHP

Sama seperti pada bahasa pemrograman lainnya yang memiliki variabel sebagai tempat atau wadah untuk menyimpan data sementara. variabel bisa dikatakan sebagai penyimpanan informasi atau data sementara di dalam pemrograman. variabel bisa menyimpan data berupa integer, string dan lainnya. nilai atau isi dari pada variabel sendiri bisa di update atau di ubah yang akan kita praktekkan di dalam tutorial belajar php mengenal variabel di php ini. variabel memiliki nama nya masing-masing dengan tujuan untuk memudahkan programmer untuk menandai masing-masing variabel tersebut. dan memudahkan untuk pemanggilan variabel nya tersebut.

Cara Penulisan Variabel di PHP

Penulisan variabel di php mempunyai ketentuan tersendiri. pada sub judul ini kan di jelaskan tentang bagaimana cara penulisan variabel yang benar di php sesuai dengan ketentuan dari PHP. berikut adalah cara penulisan variabel di php yang saya buat dalam beberapa point.

  1. Penulisan variabel PHP di awali dengan tanda $.
  2. Variabel PHP bersifat Case Sensitive atau sensitif terhadap huruf besar dan kecil.
  3. Kemudian untuk mengisi suatu variabel bisa langsung menambahkan tanda sama dengan  “=”.

Poin-poin di atas adalah cara penulisan dari variabel di PHP. penulisan variabel di php harus di awali dengan tanda dolar $ dan kemudian di lanjutkan dengan nama dari variabel nya. misalnya :

contoh di atas adalah salah satu contoh penulisan variabel di php. di awali degan membuat tanda dolar $ kemudian di lanjutkan dengan nama dari variabel tersebut. pada contoh di atas berarti variabel tersebut adalah variabel nama. jangan lupa untuk cara penulisan syntax php yang benar seperti yang sudah di jelaskan pada tutorial sebelumnya belajar PHP part 3 : Belajar dasar PHP untuk pemula di malasngoding.com bahwa penulisan syntax php harus di awali dengan tag php pembuka( <?php ) dan di akhiri dengan tag php penutup ( ?> ).kemudian di akhir baris di tutup dengan tanda semicolon ( ; ).

pada contoh kedua di jelaskan bahwa variabel di php memiliki sifat case sensitive berarti penulisan variabel php sangat peka terhadap huruf besar dan kecil. misalnya anda membuat variabe $namaSaya, maka untuk memanggil variabel tersebut harus sesuai case sensitive nya seperti $namaSaya.

point ketiga mengatakan untuk mengisi suatu nilai atau informasi yang ingin di simpan kedalam variabel php bisa menggunakan tanda sama dengan ” = “. Contoh nya

contoh di atas adalah contoh pengisian data atau informasi ke dalam variabel PHP. perlu di perhatikan bahwa untuk mengisi data yang berupa string maka data harus di apit dengan petik ganda atau petik satu. tetapi jika nilai dari variabel tersebut berupa angka maka tidak perlu menggunakan tanda petik.

karena pada tutorial sebelumnya anda sudah belajar tentang perintah “echo” di php yang berfungsi untuk menampilkan data maka pada tutorial ini kita akan menerapkannya juga sebagai contoh dari penggunaan variabel di PHP.

Buat sebuah file php dan simpan pada localhost. di sini file php tersebut saya beri nama belajar.php. kemudian isi degan syntax berikut yang:

kemudian akses di browser dengan alamat http://localhost/belajar.php. dan jangan lupa mengaktifkan apache terlebih dahulu.

mengenal variabel di PHP

mengenal variabel di PHP

perhatikan pada contoh syntax di atas. tanda titik(.) di gunakan untuk memisahkan string dan variabel. dan syntax <br/> adalah syntax break pada HTML. Belajar PHP Mengenal Variabel Di PHP

Mengupdate isi variabel

Variabel pada php juga bisa di update isinya. perhatikan contoh berikut:

dan hasilnya akan muncul bandung.

Belajar PHP Mengenal Variabel Di PHP

Belajar PHP Mengenal Variabel Di PHP

pada contoh update isi variabel di atas dapat di lihat bahwa pertama isi dari variabel alamat adalah jakarta. kemudian buat lagi variabel dengan isi yang berbeda, yaitu mengubah isi variabel menjadi bandung. maka hasilnya isi variabel alamat menjadi bandung.

Incoming search terms:

  • contoh variabel menggunakan sublime




About the author
Diki Alfarabi Hadi

Bos in www.malasngoding.com. Coding enthusiast. Someone who love learn something new. especially about web programming and web design. happy to share about knowledge and learn from other.


Discussion
  • One Comment
  • […] Mengenal Variabel Pada Javascript – Tidak hanya pada PHP, di Javascript pun memiliki variabel. kegunaan variabel di javascript juga sama seperti kegunaan variabel pada bahasa pemrograman lainnya. yaitu untuk penyimpanan data sementara. bagi teman-teman yang masih belum memahami tentang pengertian variabel, silahkan teman-teman baca tutorial saya sebelumnya di http://www.malasngoding.com tentang pengertian variabel. baca : Belajar PHP Mengenal Variabel Pada PHP. […]



Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *