Pengertian dan penggunaan include dan require pada php

Belajar PHP Part 14 : Mengenal Include Dan Require Pada PHP


Belajar PHP Mengenal Include Dan Require Pada PHP

Sesuai dengan judul pada tutorial belajar PHP dasar Part 14 di www.malasngoding.com ini kita akan membahas tentang Mengenal Include Dan Require Pada PHP. pada tutorial belajar php dasar ini akan di jelaskan apa itu fungsi include(), require() ? apa kegunaan dari fungsi include() dan require() ? kapan kita harus menggunakan fungsi include() dan require() ? dan apa perbedaan dari masing-masing fungsi include() dan require() di PHP? dan kenapa menggunakan include_once dan require_once? berikut adalah pengertian dari fungsi include(), require() dan require_once() pada PHP.

Fungsi include() dan require() adalah suatu perintah atau fungsi di dalam pemrograman PHP untuk menyisipkan sebuah file PHP kedalam file PHP yang lainnya. dengan menggunakan teknik penyisipan file php menggunakan fungsi include(), require() dan require_once() akan sangat membantu kita dalam mebuat program karena kita tidak perlu menuliskan kode program secara berulang-ulang. kita hanya tinggal menyisipkan file php tersebut kedalam file php lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Cara penulisan dan penggunaan Include dan Require

Untuk cara penulisan dan penggunaan fungsi include() dan require() caranya sangat mudah. di contohkan di sini misalnya kita memiliki file index.php. dan kita ingin menyisipkan file header.php di pada bagian atas index.php. maka caranya:

contoh di atas adalah cara penulisan include file header.php ke file index.php. dan jika menggunakan require().

pada parameter include atau require isikan dengan nama file php yang ingin di sisipkan. contoh di atas digunakan jika file yang ingin di sisipkan terletak pada satu folder atau satu direktori. bagaimana jika file yang ingin di sisipkan terletak di luar folder. maka bisa menambahkan “../”. contohnya:

atau

dan jika file yang ingin di sisipkan terletak pada folder lain bisa menambahkan nama folder tersebut.

Contoh penggunaan fungsi include dan require PHP

Untuk contoh penggunaan dari fungsi include dan require pada PHP . siapkan dua buah file PHP. untuk contoh di sini file yang pertama saya buat file index.php. kemudian file yang kedua tes.php

isi file index.php

isi file tes.php

Belajar PHP Mengenal Include Dan Require Pada PHP

Belajar PHP Mengenal Include Dan Require Pada PHP

Bisa di perhatikan pada contoh di atas bahwa isi dari file tes.php juga di tampilkan pada saat file index.php di jalankan. contoh di atas adalah contoh penggunaan dari fungsi include pada php. anda bisa mencobanya dengan menggunakan fungsi require(). untuk perbedaan dari fungsi include() dan require() adalah jika file yang di sisipkan dengan menggunakan fungsi include tidak tersedia atau salah dalam peletakan lokasi maka file akan tetap di jalankan dengan mengabaikan error. tetapi jika menggunakan require() dan file yang di sisipkan tidak tersedia atau salah dalam peletakan lokasi maka isi dari file tidak akan di lanjutkan dan akan di hentikan penyisipannya pada letak error.

Perbedaan Include, Require dan Include_once, require_once

Dan bagaimana dengan perbedaan dari fungsi include(), require() tanpa menggunakan “once”. dengan penggunaan include_once() atau require_once() maka berarti penyisipan hanya di panggil sekali saja. walaupun di sisipkan beberapa kali di dalam sebuah file maka dengan menggunakan fungsi include_once() atau require_once() penyisipan tetap di panggil sekali saja. beda dengan include() dan require() yang jika di sisipkan beberapa kali pada sebuah file maka akan menyebabkan error atau redeclare(deklarasi ganda). untuk cara penulisan include_once() dan require_once() juga sama seperti penulisan include() dan require().

atau

Incoming search terms:

  • cara include file php di html
  • cara include php
  • contoh penggunaan require pada php
  • fungsi include pada php
  • include pada php
  • memahami kegunaan koding dalam php
  • fungsi perintah include pada php
  • cara menggunakan include di php
  • cara memasukkan fungsi include ke dalam tab fane menggunakan php
  • membuat include jika dobel maka akrif 1 php




About the author
Diki Alfarabi Hadi

Coding enthusiast. Someone who love learn something new. especially about web programming and web design. happy to share about knowledge and learn from other.


Discussion
  • 2 Comments
  • […] include dan require sudah saya jelaskan pada tutorial php sebelumnya di malasngoding.com. klik di sini untuk membaca tutorial php sebelumnya tentang pengertian dan penggunaan include dan require pada […]


  • […] fungsi mysql_select_db() adalah fungsi yang di sediakan php untuk memilih database yang ingin di hubungkan. jadi teman-teman tinggal mengisikan saya nama database yang akan di gunakan pada parameter fungsi mysql_select_db() seperti contoh di atas. sampai di atas kita sudah selesai membuat koneksi database php dan mysql. untuk menggunakannya teman-teman hanya tinggal menyisipkan file koneksi ini ke project anda. untuk menyisipkan nya teman-teman bisa menggunakan fungsi include(). baca tutorial saya sebelumnya tentang mengenal include dan require pada php. […]



Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *