Belajar PHP Part 7 : Kondisi IF ELSE Pada PHP


Belajar PHP Kondisi IF ELSE Pada PHP

Kondisi If Else bisa anda ibaratkan dengan pengecekan jika maka pada kenyataannya. fungsi if else sangat di butuhkan pada saat anda ingin memeriksa sebuah kondisi. pada setiap logika terkadang kita memerlukan pengecekan suatu nilai yang jika terpenuhi untuk melakukan sesuatu dan jika pengecekan pertama tidak terpenuhi maka ada pengecekan kedua yaitu else. dapat kita bayangkan tentang kondisi if else ini seperti misalnya anda memiliki seorang teman. jika nama teman anda tersebut adalah andi maka dia adalah laki-laki jika tidak maka dia adalah perempuan. mungkin akan sedikit sulit jika di jelaskan. akan sangat membantu anda untuk memahami logika kondisi if else ini menggunakan contoh. berikut adalah contoh dari kondisi if else PHP.

Mengenal Kondisi If-Else pada PHP

Kondisi If Else di perlukan untuk memeriksa suatu nilai untuk melakukan suatu aksi. berikut ini adalah format cara penulisan if else pada php.

dan berikut ini contoh sederhana dari penggunaan kondisi if else pada php. buat sebuah file php dengan nama belajar.php.

Hasilnya

Pengenalan if else pada php

Pengenalan if else pada php

Perhatikan pada contoh di atas. di atas kita memiliki sebuah variabel yang bernama teman. kemudian isi dari variabel teman adalah “andi”. dan kemudian dengan kondisi if else kita memeriksa variabel teman. cara pemahamannya begini “Jika variabel teman sama dengan andi maka tampilkan dia adalah teman saya, jika tidak tampilkan dia bukan teman saya”.

dan kita coba jika variabel teman tidak sama dengan andi.

Perhatikan pada contoh di atas, variabel teman berisi “andi”. dan kemudian kita melakukan pengecekan pada variabel tamen. jika variabel teman sama dengan budi, maka tampilkan dia adalah teman saya. jika tidak tampilkan dia bukan teman saya. sedikit penjelasan lagi pada contoh di atas ini. sebagai contoh teman kita adalah si budi. jadi jika variabel teman sama dengan budi maka dia adalah teman saya. Belajar PHP Kondisi IF ELSE Pada PHP. jika tidak maka dia bukan teman saya. Belajar PHP Part 7 : Kondisi IF ELSE Pada PHP

contoh penulisan kondisi if else pada php

contoh penulisan kondisi if else pada php

Mengenal Kondisi If-Elseif-Else

Elseif digunakan untuk memeriksa kondisi jika kondisi pertama(if) tidak terpenuhi. contohnya

dan jika di jalankan

Belajar PHP Kondisi IF ELSE Pada PHP

Belajar PHP Kondisi IF ELSE Pada PHP

Variabel teman berisi “andi”. jika variabel teman sama dengan “budi” maka tampilkan budi adalah teman saya. maka jika variabel teman sama dengan andi maka tampilkan andi adalah teman saya. jika tidak maka tampilkan saya tidak punya teman. jadi di sini kondisi “elseif” di gunakan jika anda membutuhkan pengecekan kondisi kedua atau seterusnya jika kondisi pertama tidak terpenuhi.

Incoming search terms:

  • fungsi if pada php dan contohnya
  • fungsi if di botstrap
  • cotoh program php if else if beserta analisa
  • contoh program php menggunakan if else
  • membuat else if di codeigniter
  • kondisi if pada php
  • contoh if mengunagan and dan on pada php atua web
  • contoh codeigniter if
  • Struktur penulisan If else di php7
  • cara memahami if pada php




About the author
Diki Alfarabi Hadi

Coding enthusiast. Someone who love learn something new. especially about web programming and web design. happy to share about knowledge and learn from other.


Discussion
  • One Comment

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *